Advertisement

Pembangkit Listrik Tenaga Surya 10 MW di IKN Dioperasikan

Nyoman Ary Wahyudi
Sabtu, 02 Maret 2024 - 21:27 WIB
Maya Herawati
Pembangkit Listrik Tenaga Surya 10 MW di IKN Dioperasikan Listrik tenaga surya - ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mulai dioperasikan ke jaringan transmisi sebesar 10 Megawatt (MW) dari total 50 MW. Pengoperasian sambungan Listrik ini dilakukan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) ini melalui subholding PLN Nusantara Power.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menegaskan persoran berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah dalam membangun IKN dengan konsep forest city yang pintar dan ramah lingkungan.

Advertisement

Selain memanfaatkan tenaga surya, PLN akan memanfaatkan potensi hidro seperti sungai dan danau yang ada di sekitar IKN.

“Kami all-out mendukung infrastruktur kelistrikan hijau di IKN. Ini akan menjadi Ibu Kota terbaik di mana semuanya akan berbasis state of the art of technology,” kata Darmawan melalui keterangan tertulis, Sabtu (2/3/2024).

Direktur Utama PLN Nusantara Power Ruly Firmansyah menargetkan PLTS di IKN bisa beroperasi tepat waktu. Dia berharap listrik bersih itu bisa disalurkan saat upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 nantinya.

“Sinkronisasi tahap pertama dengan kapasitas 10 MW telah berhasil dilakukan sesuai jadwal. Kami akan lanjutkan dengan sinkronisasi untuk 40 MW sisanya dan lakukan uji coba hingga nanti PLTS ini bisa beroperasi komersial melistriki IKN,” kata Ruly.

BACA JUGA: Angkutan Mudik Gratis Kereta Api, Sepeda Motor Listrik Belum Bisa Dilayani

PLTS IKN 50 MW menjadi pionir pembangkit EBT di kawasan IKN. Peletakan batu pertama dilakukan  langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada November 2023.

PLTS ini dibangun di lahan dengan luas 80 hektar dengan 21.600 panel surya, serta mampu menyerap tenaga kerja lokal hingga 337 pekerja. (Sumber: Bisnis.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cuara di Jogja Sabtu 4 Mei 2024 Cerah Berawan, Cocok Liburan Akhir Pekan Ini di Jogja dan Sekitarnya

Jogja
| Sabtu, 04 Mei 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement