Advertisement

Jelang Puasa Konsumsi Elpiji dan BBM Diperkirakan Naik, Segini Rinciannya..

Anisatul Umah
Jum'at, 08 Maret 2024 - 17:47 WIB
Arief Junianto
Jelang Puasa Konsumsi Elpiji dan BBM Diperkirakan Naik, Segini Rinciannya.. Ilustrasi tumpukan tabung elpiji di salah satu pangkalan Sorosutan, Umbulharjo. - Harian Jogja/Anisatul Umah\\r\\n\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah memprediksi terjadinya peningkatan konsumsi elpiji dan BBM menjelang Ramadan 2024.

Area Manager Communication, Relation & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga Brasto Galih Nugroho mengatakan Pertamina memastikan pasokan elpiji dan BBM aman.

Advertisement

Dia mengatakan konsumsi elpiji diperkirakan meningkat sekitar 4%-5% pada periode 8-10 Maret 2024. Persentase ini dibandingkan rata-rata harian normal yaitu di periode Januari-Februari 2024.

Konsumsi elpiji di wilayah Jawa Tengah yang diestimasikan mengalami peningkatan cukup tinggi adalah wilayah Kota Salatiga, Kabupaten Batang, dan Kabupaten Grobogan. Sementara di DIY, wilayah Sleman, Kota Jogja, dan Kulonprogo yang diperikirakan terjadi lonjakan konsumsi.

"Seperti elpiji, produk BBM jenis gasoline [Pertalite dan Pertamax Series] juga diprediksi mengalami kenaikan konsumsi hingga 9% jelang Ramadan bila dibandingkan rata-rata harian normal Januari-Februari 2024," ucapnya melalui keterangan resmi, Jumat (8/3/2024).

BACA JUGA: Ada Elpiji Subsidi Dioplos di Sleman, Pertamina Bilang Begini

Dia menjelaskan untuk memenuhi peningkatan kebutuhan Pertamina Patra Niaga memastikan keandalan operasional dimulai dari terminal, mobil tangki hingga SPBU dan SPBE. "Ketahanan stok saat ini untuk Solar di angka 13,4 hari, Pertalite 8,9 hari, seluruh BBM nonsubsidi di angka 10-51 hari, elpiji 5 hari dan Avtur 35,4 hari, angka tersebut adalah angka yang mencukupi kebutuhan konsumen," ungkapnya.

Sementara itu saat libur Hari Suci Nyepi yang jatuh pada 11 Maret 2024 atau awal puasa, apabila konsumen ingin memesan BBM non subsidi dan Bright Gas, konsumen dapat dimudahkan dengan menggunakan layanan Pertamina Delivery Service 135. "Melalui Pertamina Delivery Service, konsumen dapat menghubungi Pertamina Call Center 135 dan kami akan mengirimkan tabung Bright Gas dari agen LPG terdekat kami," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prabowo Akan Bangun Fasilitas Olahraga Berkuda di Bali

Bantul
| Minggu, 28 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement