Advertisement

Cegah Uang Palsu, BI DIY Kampanyekan CPB Rupiah

Anisatul Umah
Sabtu, 30 Maret 2024 - 19:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Cegah Uang Palsu, BI DIY Kampanyekan CPB Rupiah Foto ilustrasi penukaran uang rupiah untuk kebutuhan Lebaran. / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bank Indonesia (BI) Perwakilan DIY memastikan ketersediaan uang rupiah layak edar jelang lebaran 2024. Masyarakat diimbau menukarkan uangnya di tempat yang resmi.

Kepala Perwakilan BI DIY, Ibrahim mengatakan antisipasi uang palsu dilakukan melalui kampanye Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah sehingga masyarakat bisa mengenali keaslian uang dengan baik.

Advertisement

"Dengan cinta kita tahu 3D [dilihat, diraba, dan diterawang] dan 5J [jangan dilipat, jangan dicoret, jangan di staples, jangan diremas, dan jangan dibasahi], artinya kita tahu fisiknya, masyarakat harus hati-hati dengan mengenali uang secara lebih baik," ucapnya beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Bupati Bantul Minta Masyarakat Waspada Peredaran Uang Palsu di Jelang Lebaran

Pemilik Warung di Bantul Ini Berhasil Gagalkan Transaksi Menggunakan Uang Palsu

Mau Tukar Uang Baru untuk Lebaran via Kas Keliling BI dan Aplikasi Situs Pintar? Cek Caranya di Sini

Menurutnya program CBP akan terus digalakkan secara masif dengan dukungan dari teman-teman perbankan di DIY. Sehingga masyarakat semakin paham, menjaga, merawat, dan mengenali keaslian uang bisa lebih baik lagi.

"Melalui dukungan teman-teman perbankan yang ada di DIY kami sepakat untuk terus sosialisasikan program CBP secara lebih masif," jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan dengan memaknai CBP Rupiah diharapkan masyarakat dapat menggunakan uang rupiah dengan berbelanja secara bijak sehingga dapat mendukung stabilitas harga harga pokok.

"Bank Indonesia juga mendorong masyarakat untuk mengoptimalkan transaksi pembayaran secara non tunai diantaranya QRIS, memperluas kepesertaan Bl-FAST termasuk kanal layanan dan akseptasi masyarakat," paparnya.

Selain itu, BI juga mendorong Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) untuk mempersiapkan infrastruktur guna menghadapi peningkatan transaksi di bulan Ramadan dan Idul Fitri 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Beli Tiket Kereta Bandara YIA Bisa via Online, Begini Caranya

Jogja
| Selasa, 30 April 2024, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement