Advertisement

Ini Komoditas Perlu Diwaspadai Memicu Inflasi saat Lebaran 2024

Anisatul Umah
Sabtu, 06 April 2024 - 13:27 WIB
Sunartono
Ini Komoditas Perlu Diwaspadai Memicu Inflasi saat Lebaran 2024 Inflasi / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJASejumlah komoditas untuk kebutuhan lebaran diprediksi akan menyumbangkan inflasi DIY pada April 2024. Oleh karena itu perlu diwaspadai terjadinya inflasi saat Lebaran 2024.

Kepala BPS DIY, Herum Fajarwati mengatakan meski beberapa kebutuhan naik, saat ini sudah mulai terjadi panen di DIY, baik komoditas hortikultura ataupun tanaman pangan. Ia menyebut yang perlu diwaspadai adalah tarif angkutan.

BACA JUGA : Inflasi DIY Maret 2024 Capai 0,43%, Beras dan Daging Ayam Jadi Biangnya

Advertisement

"Mungkin kami waspadai adalah tarif angkutan, mudah-mudahan kenaikannya enggak begitu tinggi," ucapnya, Sabtu (6/4/2024).

Selain tarif angkutan, komoditas lain yang perlu diwaspadai adalah harga emas. Sebab secara global harga emas mengalami kenaikan. Momen Ramadan dan lebaran di April 2024 tidak terlalu panjang. Tiga pekan pertama puasa sudah terjadi di Maret 2024. Tren pasca lebaran biasanya harga-harga turun, sehingga pada April 2024 kemungkinan inflasi lebih rendah dari bulan sebelumnya atau bahkan deflasi.

"Tren setelah lebaran cenderung turun, tetapi April awal pekan pertama masih lebaran," ucapnya.

Panen raya ditambah dengan distribusi pasokan yang lancar diharapkan akan membuat inflasi April 2024 terkendali. Komoditas beras yang andilnya cukup besar di konsumsi masyarakat, mampu menghambat terjadinya inflasi.

Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan DIY, Ibrahim menyebut BI DIY sudah menyampaikan kepada anggota Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) jangan sampai lengah. Sebab tipikal dari kota Jogja setelah lebaran akan disambung dengan masa liburan.

BACA JUGA : Tembakau Jadi Penyumbang Utama Inflasi di Gunungkidul

Perlu diantisipasi dengan pasokan pangan yang mamadahi. Kesiapsiagaan TPID diharapkan mampu mengatasinya dengan baik. "Jangan sampai lengah, karena di tipikal Jogja setelah lebaran nanti ada liburan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Indonesia Vs Irak, Perebutan Peringkat Ketiga Piala Asia U-23

Jogja
| Selasa, 30 April 2024, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement