Advertisement

OJK DIY Punya Nakhoda Baru, Ini Dia Sosoknya

Media Digital
Senin, 10 Juni 2024 - 15:47 WIB
Arief Junianto
OJK DIY Punya Nakhoda Baru, Ini Dia Sosoknya Kepala OJK DIY, Eko Yunianto (kiri) sesaat setelah pengukuhan di Kantor OJK DIY, Jogja, Senin (10/6/2024). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

JOGJA—Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY kini resmi memiliki nakhoda baru menyusul dilantiknya mantan Kepala OJK DIY, Parjiman sebagai Kepala OJK Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Sebagai penggantinya, OJK DIY kini dipimpin oleh Eko Yunianto yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala OJK Solo.  

Pengukuhan yang berlangsung pada Juni 2024 ini menjadi era baru perjalanan OJK DIY.

Advertisement

Selama menjabat, Parjiman telah menjalankan fungsi utama OJK DIY dalam mendampingi serta mengawasi industri keuangan di DIY.

Selain itu, semasa dipimpin Parjiman, OJK DIY juga sukses menggelar program-program literasi keuangan, salah satunya adalah OJK Mengajar.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X mengatakan bahwa pergantian pemimpin di OJK sebagai upaya memelihara dinamika dan gerak maju menuju tataran organisasi yang semakin meningkat kualitasnya. Pergantian pemimpin juga momentum evaluasi dan menyelaraskan visi misi yang telah, sedang, dan akan dijalankan.

"Bagi yang berpisah, tentu sarat kenangan, Pak Parjiman, semoga berbagai pengalaman selama mengabdi di Jogja dapat menjadi bekal berharga dalam mengemban jabatan lain, dalam hal ini di OJK Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Untuk Pak Eko Yunianto sebagai Kepala OJK DIY yang baru, kami berharap dapat meningkatkan kerja sama dengan Pemda DIY," kata Sri Sultan HB X dalam acara Pergantian Pemimpin di Lingkungan OJK DIY di Kantor OJK DIY, Jogja, Senin (10/6).

Gubernur mengatakan dengan hadirnya OJK DIY, dapat mengoptimalkan peran dalam mempercepat akses keuangan masyarakat DIY. OJK juga bisa semakin mengembangkan potensi masyarakat lokal serta mengekspansi kebermanfaatan ekonomi.

Dalam menjalankan fungsinya, OJK DIY juga bisa mendorong pembiayaan jangka panjang di berbagai industri. Penyediaan pendanaan terutama bisa mencakup di sektor manufaktur, yang memiliki dampak berganda yang luas. Peningkatan investasi dan pengelolaan keuangan sektor lainnya dapat membangun masyarakat yang produktif. Pada akhirnya nanti, akan berdampak pada peningkatan perekonomian dan memperkecil kesenjangan pendapatan masyarakat.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif, dan Bursa Karbon Merangkap anggota Dewan Komisioner OJK, Inarno Djajadi mengatakan kewenangan OJK kini semakin luas dengan adanya UU P2SK dan ekspektasi stakeholder. Dengan begitu, pemimpin dan keluarga besar OJK perlu lebih andal dalam menjalankan fungsi-fungsinya.

BACA JUGA: OJK DIY Terima Ratusan Aduan Konsumen

Keberhasilan fungsi dan tugas OJK sangat bergantung pada profesionalisme dan integritas pejabatnya. Sehingga OJK DIY perlu mendorong kerja sama yang baik dengan pemangku kebijakan daerah. Dengan itu, akan terwujud lingkungan kerja yang kondusif, inovatif, dan produktif.

Pada periode terakhir Parjiman menjabat, pertumbuhan ekonomi DIY kuartal I/2024 sebesar 5,02%. Inarno berpesan meski ini angka yang tinggi, pemimpin OJK DIY yang baru jangan sampai terlena. Masih banyak potensi ekonomi baru yang bisa terus digali dan dimaksimalkan.

Sementara Eko Yunianto mengaku berkomitmen meneruskan prestasi yang sudah diraih periode sebelumnya. “Yang belum optimal akan kami optimalkan. Kami bersinergi dan bekerja sama dengan berbagai stakeholder, pemerintah daerah, dan juga akademisi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalur Bus Trans Jogja ke Sejumlah Lokasi Wisata, Malioboro, Taman Pintar dan Kraton Jogja

Jogja
| Minggu, 08 September 2024, 05:57 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement