Advertisement

Ekspor Bantul Meningkat 2 Kali Lipat Tahun Ini, Kebanyakan dari Sektor Ini

Jumali
Senin, 08 Juli 2024 - 17:17 WIB
Arief Junianto
Ekspor Bantul Meningkat 2 Kali Lipat Tahun Ini, Kebanyakan dari Sektor Ini Ilustrasi ekspor impor (Freepik)

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Bantul mengklaim ada kenaikan jumlah eksportir di Bumi Projotamansari pada tahun ini.

Kenaikan jumlah eksportir tersebut bahkan mencapai 2 kali lipat yakni 80 eksportir pada 2024, sedangkan pada 2023 tercatat ada 40 eksportir. Adapun, peningkatan jumlah eksportir tersebut telah berdampak kepada kenaikan nilai transaksi yang mencapai US$150 juta.

Advertisement

"Itu data sampai awal Juli 2024. Untuk komoditas ekspornya, cukup banyak. Tetapi, kebanyakan tekstil, furnitur dan kerajinan," kata Sekretaris DKUKMPP Bantul, Husin Bahri, Senin (8/7/2024).

Melihat kondisi tersebut, Husin menambahkan, saat ini jawatannya terus mendorong pelaku usaha agar produknya layak eskpor. Beberapa langkah strategis yang dilakukan oleh DKUKMPP Bantul untuk mendorong pelaku usaha, adalah melakukan pelatihan guna mendorong peningkatan kualitas produk.

BACA JUGA:  Ekspor DIY Melonjak 26,47 Persen pada Mei 2024

Selain itu, DKUKMPP Kabupaten Bantul kata Husin juga memberikan fasilitasi kepada para pelaku usaha terkait dengan persyaratan jika ingin produknya layak ekspor, utamanya dalam kelengkapan dokumen seperti HAKI dan dokumen lainnya.

"Kami juga mendorong pelaku usaha untuk bermitra dengan pelaku ekspor dan asosiasi. Kami juga fasilitasi mereka dalam hal promosi produk mereka lewat beberapa pameran," ucap Husin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Viral Tol Jogja-Solo Ruas Kartasura-Klaten Dikabarkan Sudah Berbayar, Jasamarga Tegaskan Masih Gratis

Sleman
| Minggu, 06 Oktober 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement