Advertisement

Gencar Keuangan, Cara OJK DIY Tingkatkan Literasi Keuangan Generasi Muda

Media Digital
Kamis, 22 Agustus 2024 - 18:47 WIB
Arief Junianto
Gencar Keuangan, Cara OJK DIY Tingkatkan Literasi Keuangan Generasi Muda Suasana Gencar Keuangan 2024 yang diselenggarakan OJK DIY di Rocket Convention Hall, Sleman pada Kamis (22/8/2024). - Catur Dwi Janati

Advertisement

SLEMAN—Upaya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY untuk meningkatkan literasi keuangan di DIY terus dilakukan lewat berbagai kegiatan. Salah satunya adalah di momen puncak peringatan Hari Indonesia Menabung, OJK DIY menggelar Generasi Cerdas (Gencar) Keuangan 2024 di Rocket Convention Hall, Sleman, Kamis (22/8/2024).

Deputi Direktur Pengawasan Perilaku PUJK, Edukasi, Perlindungan Konsumen dan Layanan Manajemen Strategis Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY, Dinavia Tri Riandari menjelaskan 22 Agustus 2024 merupakan puncak Hari Indonesia Menabung.

Advertisement

Di seluruh Indonesia, OJK beserta industri keuangan dan pemerintah daerah menyelenggarakan puncak Hari Indonesia Menabung. "Kami telah memulai Hari Indonesia Menabung sejak Juli sampai dengan hari ini. Kami mengajak industri keuangan dalam ini perbankan untuk memperbanyak kegiatan edukasi maupun pembukaan rekening yang menyasar pelajar," kata Dinavia.

Agenda edukasi keuangan kepada pelajar menjadi salah satu agenda penting bagi OJK untuk meningkatkan indeks literasi keuangan.

Berdasarkan survei, pada 2022 indeks literasi keuangan masyarakat di angka 49,68%. Angka itu meningkat menjadi 65,43% pada 2024. "Jadi dari 100 orang, enam orang itu sudah paham sekarang. Sebelumnya empat orang," tandasnya. 

Sementara dari indeks inklusi keuangan mengalami penurunan. Pada 2022 indeks inklusi berada di angka 85,10% sementara di 2024 angkanya turun menjadi 75,02%. "Masih terjadi gap antara literasi dan inklusi yang menjadi PR bersama, agar semuanya menjadi searah, seimbang dan gap-nya tidak semakin besar," ujar dia. 

Program Gencarkan 2024

Untuk meningkatkan indeks-indeks tersebut, OJK mencanangkan program Generasi Nasional Cerdas Keuangan (Gencarkan) 2024.

Melalui program Gencarkan, OJK akan menggandeng seluruh stakeholder tidak hanya lembaga jasa keuangan hingga level kecamatan untuk secara rutin melakukan edukasi dan literasi keuangan kepada masyarakat. 

"Edukasi dan literasi keuangan kepada masyarakat terkait produk dan layanan jasa keuangan menggunakan kegiatan yang masif serta kegiatan berkelanjutan," ungkapnya. 

Dengan langkah ini diharapkan seluruh masyarakat semakin cerdas akan keuangan, khususnya dalam mengambil keputusan finansial dan terhindar dari kejahatan finansial. 

Di DIY, OJK DIY menggelar Gencar Keuangan yang mengusung tema Generasi Cerdas Keuangan Pintu Menuju Indonesia Emas.

Kegiatan ini terdiri dari kejuaran asah kecerdasan bernama Ranking 1 yang diikuti 100 siswa SD/MI dan 100 siswa SMP sederajat. Selain itu dalam Gencar Keuangan OJK juga menggelar lomba kompetisi Booth UMKM tingkat SMA sederajat dan SLB.

"Dengan adanya lomba ini pastinya menambah semangat bagi para pelajar untuk memahami materi terkait keuangan. Materi keuangan menjadi salah satu materi yang dilombakan, juga untuk menambah pengalaman bagi pelajar yang ikut kompetisi Booth terkait produknya untuk bisa dipamerkan," lanjutnya. 

Rekening Pelajar

Di sisi lain dari Juli hingga Agustus setidaknya telah terjadi 14.614 pembukaan rekening pelajar dan 424 sosialisasi keuangan. Total peserta sosialisasi keuangan dalam periode tersebut mencapai 44.066 peserta. 

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Didik Wardaya menambahkan sebelumnya literasi hanya berkutat pada baca, tulis dan hitung. Namun kini literasi yang dipelajari makin luas termasuk mempelajari literasi digital, literasi data maupun literasi keuangan.

"Semakin kita memahami literasi keuangan, tentunya ini akan mengubah perilaku kita. Baik itu di dalam investasi pendidikan, maupun di dalam berperilaku konsumtif terhadap keadaan sehari-hari," tandasnya. 

Sementara itu Sekretaris Daerah DIY, Beny Suharsono menilai acara Gencar Keuangan 2024 merupakan acara yang penuh dengan semangat untuk memajukan literasi keuangan di kalangan generasi muda.

Hari Indonesia Menabung yang diperingati setiap Agustus disebut Beny merupakan wujud nyata dari komitmen bersama untuk tidak hanya menyiapkan generasi yang cerdas secara akademis tetapi juga cerdas mengelola keuangan mereka.

"Hari ini adalah momentum luar biasa dalam upaya kita memperkuat masa depan bangsa melalui pengelolaan keuangan yang cerdas.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tanaman Cabai di Galur Terserang Hama, Dinas Pertanian Kulonprogo Lakukan Ini

Kulonprogo
| Senin, 16 September 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement