Advertisement

Patungan Lebih Gampang Pakai Fitur Split Bill Berbasis AI di Aplikasi GoPay

Media Digital
Kamis, 03 Oktober 2024 - 14:32 WIB
Sunartono
Patungan Lebih Gampang Pakai Fitur Split Bill Berbasis AI di Aplikasi GoPay Foto ilustrasi Gopay. - Istimewa.

Advertisement

JAKARTA—GoPay, unit bisnis Financial Technology dari PT Goto Gojek Tokopedia (BEI:GOTO) memperkenalkan inovasi fitur Split Bill di aplikasi GoPay yang membuat patungan untuk berbagai pembayaran jadi lebih gampang. Pengguna bisa memfoto struk, menagihkan, dan membayar di satu aplikasi.

Kelvin Timotius, Head of GoPay Wallet mengatakan, “Fitur ini lahir dari pengalaman yang sering ditemui masyarakat. Kita sering kali repot apabila harus menghitung secara manual pembagian tagihan yang harus dibayarkan bersama. Fitur Split Bill ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai pengeluaran bersama mulai dari patungan saat makan bareng teman di restoran atau tempat kumpul-kumpul lainnya, bayar arisan, pengeluaran selama liburan hingga berbagi tagihan rutin bulanan lainnya.”

Advertisement

Sebagai contoh, fitur Split Bill di aplikasi GoPay menjadi solusi praktis untuk menghitung otomatis pembagian nominal yang harus dibayar oleh masing-masing teman saat makan bareng. Penghitungan otomatis ini mencakup nominal pemesanan makanan dan minuman, pajak, dan biaya layanan restoran.
Split Bill memudahkan pengguna untuk berbagi tagihan dengan sejumlah manfaat:

1. Hitung struk otomatis

“Fitur Split Bill menggunakan teknologi kecerdasan buatan Optical Character Recognition (OCR) yang dikembangkan oleh tim internal GoTo. Cukup dengan memfoto struk, teks otomatis terbaca dengan akurasi lebih dari 90%,” tambah Kelvin.

Teknologi OCR by GoTo AI yang ditanamkan dapat memproses penghitungan secara otomatis sesuai nominal setiap anggota patungan. “Fitur inovatif Split Bill di aplikasi GoPay merevolusi cara kita membagi pengeluaran bersama dengan lebih akurat tanpa harus menghitung manual dan tanpa perlu pakai kalkulator,” ujar Kelvin.

Terdapat dua opsi split bill lewat aplikasi GoPay. Pertama, pengguna tinggal memfoto struk pembayaran untuk perhitungan jumlah patungan secara otomatis. Cara kedua, melalui metode tanpa struk, pengguna dapat membagi nominal secara merata maupun membagi sesuai kebutuhan.

2. Tidak canggung lagi tagih utang, tagih langsung lewat aplikasi

Di budaya Indonesia, urusan tagih-menagih utang juga kerap menjadi polemik yang sering membuat canggung. “Lewat aplikasi GoPay, pengguna cukup memfoto struk pembayaran, menagihkan ke teman lewat nomor telepon yang terdaftar di akun GoPay. Kita tidak perlu repot lagi memikirkan uang harus ditransfer lewat mana dan ke rekening mana, karena semuanya sudah terintegrasi di aplikasi GoPay,” ujar Kelvin.

Jika teman yang ditagih belum memiliki aplikasi GoPay maupun Gojek, notifikasi tagihan akan dikirimkan melalui aplikasi Whatsapp.

3. Cek status pembayaran tagihan dengan mudah

Saat Split Bill berhasil dibuat, anggota patungan akan menerima rincian tagihan dalam bentuk notifikasi “Bayar Split Bill” di aplikasi GoPay mereka. Anggota patungan bisa langsung memproses pembayaran tanpa perlu tanya nomor rekening, cukup dengan konfirmasi nomor ponsel tujuan. Notifikasi otomatis akan muncul di akun GoPay sehingga tidak perlu repot mengirim bukti transfer lagi.

Data internal GoPay menyebutkan transfer lewat GoPay menjadi salah satu fitur yang paling pesat kenaikannya hingga 10 kali lipat dalam satu tahun terakhir. Sejak diluncurkan secara nasional pada Juli 2023, aplikasi GoPay kini telah diunduh oleh lebih dari 30 juta pengguna. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Split Bill dapat dicek melalui link berikut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Terima Puluhan Laporan Kasus Penipuan Online, Polres Kulonprogo Lakukan Upaya Ini

Kulonprogo
| Kamis, 03 Oktober 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Ketinggian Puncak Gunung Everest Bertambah, Ini Penjelasannya

Wisata
| Selasa, 01 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement