Advertisement

Mudik Lebaran Mendatang, BBM Bakal Mudah Didapat di Luar SPBU

Holy Kartika Nurwigati
Sabtu, 12 Mei 2018 - 18:37 WIB
Nina Atmasari
Mudik Lebaran Mendatang, BBM Bakal Mudah Didapat di Luar SPBU SPBU Pertamina. Ilustrasi - Solopos/Nicolous Irawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Menjelang Ramadan dan Lebaran, PT Pertamina Marketing Operation Region IV Jawa Tengah-DIY membentuk Tim Satgas Puasa dan Lebaran 2018. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan konsumsi BBM selama puasa.

"Kami berupaya memperkuat stok BBM di wilayah DIY. Untuk jenis gasolin, kami menyediakan penambahan sepuluh persen dari rata-rata normal harian," ujar Pjs. Unit Manager Communication dan CSR MOR IV PT Pertamina (Persero), Muslim Dharmawan ditemui, Sabtu (12/5/2018).

Advertisement

Muslim memaparkan konsumsi rata-rata harian di DIY yakni 1.805 KL atau naik menjadi 1.986 KL. Tak hanya memastikan ketersediaan pasokan BBM aman di sejumlah titik SPBU. Pertamina juga menyediakan BBM di titik-titik kepadatan arus lalu lintas, serta akan menempatkan SPBU kantong.

"Truk tangki SPBU ini akan tersedia di jalan-jalan yang jauh dari SPBU. Hal itu dilakukan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan bahan bakar yang dibutuhkan, tanpa harus kesulitan mencari lokasi SPBU terdekat," jelas Muslim.

Penyediaan mobil dispenser ini merupakan upaya Pertamina mendekatkan akses masyarakat yang membutuhkan bahan bakar minyak selama mudik Lebaran.

Unit Manager Communication and CSR MOR IV Pertamina Andar Titi Lestari menambahkan selain mobil dispenser, Pertamina juga menyediakan beberapa fasilitas alternatif pengisian bahan bakar minyak.

Antara lain dengan menyediakan beberapa unit motorist kemasan, serta menyebar kios-kios pertamax. Kios-kios tersebut juga nantinya akan dilengkapi dengan dispenser dan BBM kemasan.

"Fasilitas ini akan disebar di jalur-jalur mudik regular, ruas tol dan jalur wisata yang rawan kepadatan," ujar Andar.

Untuk wilayah DIY, lanjut dia, disiapkan satu unit SPBU kantong di jalur wisata Jalan Baron dan jalur mudik di wilayah Jalan Raya Wonosari-Jogja, serta Jalan Parangtritis. SPBU kantong ini disiapkan untuk memperpendek jarak dan waktu tempuh mobil tangki menuju lokasi SPBU untuk kebutuhan suplai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Lebaran 2024, Dispar Bantul Tambah Petugas TPR

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement