Advertisement

TIP KEUANGAN : Begini Cara Kelola THR Agar Tak Defisit

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Rabu, 23 Mei 2018 - 15:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
TIP KEUANGAN : Begini Cara Kelola THR Agar Tak Defisit Ilustrasi uang rupiah - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Meski ada pemasukan tambahan sebelum Lebaran, biasanya dana yang ada pun cepat habis karena besarnya kebutuhan. Berikut tip mengelola keuangan untuk kebutuhan Idulfitri. 

Kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia, Rabu (23/5/2018), President Director OneShildt Financial Planning M. Andoko memberikan beberapa tip untuk mengelola keuangan Anda agar tetap bisa merayakan Idulfitri dengan tenang tanpa harus mengalami defisit nantinya. 

Advertisement

Pertama, untuk urusan ongkos dan pembelian tiket mudik biasakan diamankan dua-tiga bulan sebelum Idulfitri. Alasannya, harga tiket biasanya jauh lebih murah jika dibeli jauh-jauh hari. 

Anda disarankan untuk memanfaatkan promo-promo yang ditawarkan oleh para penyedia layanan transportasi atau penyedia jasa penjualan tiket secara online karena biasanya mereka memberikan promo menarik untuk pembelian tiket pada Ramadan.

Kedua, tetapkan total bujet yang akan dikeluarkan untuk keperluan Idulfitri. Menurut Andoko, hal ini sangat penting karena menyangkut pola keuangan usai merayakan Lebaran. 

Pastikan bujet Anda pas dan tidak sampai mengeluarkan dana cadangan untuk keperluan-keperluan yang bersifat tidak penting. Usahakan manfaatkan promo yang ditawarkan dari bank, baik melalui kartu kredit maupun kartu debit, atau toko-toko yang memberikan penawaran yang sekiranya bisa dimanfaatkan guna menghemat pengeluaran Anda. 

Terakhir, usahakan dan biasakan untuk membuat pembukuan keuangan. Mulailah untuk mengumpulkan struk, nota, resi dan bon pembelanjaan Anda dan hitung berapa pengeluaran pada Lebaran tahun ini. 

Sehingga, saat Lebaran tahun depan Anda sudah punya patokan berapa anggaran yang harus disiapkan dan dikeluarkan saat Idulfitri.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Syawalan ke Ponpes dan Panti Asuhan, Pj. Bupati Kulonprogo Salurkan Bantuan

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement