Advertisement

Akhirnya, Suku Bunga Naik Lagi Jadi 50 Bps

Hadijah Alaydrus
Jum'at, 29 Juni 2018 - 19:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Akhirnya, Suku Bunga Naik Lagi Jadi 50 Bps Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo membacakan sumpah saat acara pengambilan sumpah jabatan di Makamah Agung, Jakarta, Kamis (24/5). - Bisnis Indonesia/Abdullah Azzam

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI), Jumat (29/6), memutuskan menaikkan suku bunga acuan sebesar 50 basis poin (bps) menjadi 5,25%. Kenaikan diputuskan guna menjaga daya saing pasar keuangan. 

Suku bunga deposit facility (DF) juga naik sebesar 50 bps menjadi 4,50%, dan suku bunga lending facility (LF) sebesar 50 bps menjadi 6%, berlaku efektif pada 29 Mei 2018. Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan keputusan ini merupakan langkah lanjutan BI untuk menjaga daya saing pasar keuangan domestik terhadap perkembangan kebijakan moneter sejumlah negara dan ketidakpastian pasar global yang masih tinggi. 

Advertisement

Kebijakan itu akan tetap ditopang intervensi ganda di pasar valas, surat berharga negara (SBN) serta strategi di pasar uang rupiah dan pasar swap antarbank. "Kebijakan tersebut dimaksudkan untuk memperkuat stabilisasi nilai tukar," kata Perry dalam paparan hasil RDG, Jumat (29/6). 

Perry mengatakan kenaikan 50 basis poin tersebut akan membuat pasar keuangan di dalam negeri menarik bagi investor asing. Pasalnya, real interest rate akan terjaga di level 1,75% dengan perkiraan inflasi 3,5%. "1,75 persen akan menjadi fixed income pasar keuangan menarik dibanding negara lain itu menarik bagi investor luar negeri," kata Perry. 

Menurut Perry, investor asing tentu akan membandingkan real interest rate pasar surat utang (fixed income) tiap negara. Dia yakin dengan kenaikan sebesar 50 bps akan mengundang suplai dolar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri Hari Ini, Cek Lokasi dan Tarifnya di Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement