Advertisement

Indonesia & Malaysia Bersama Hadapi Pasar Global

Rinaldi Mohammad Azka
Jum'at, 29 Juni 2018 - 21:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Indonesia & Malaysia Bersama Hadapi Pasar Global Ilustrasi kerja sama. - Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pertemuan PM Malaysia dengan Indonesia-Malaysia Business Council (IMBC) membahas kerja sama pengusaha Malaysia dan Indonesia. Melalui sinergi ini diharapkan adanya pembentukan aliansi dagang atau kemitraan antara pengusaha Malaysia dan Indonesia. 

Ketua IMBC Tanri Abeng mengungkapkan sejauh ini aktivitas bisnis terutama yang difasilitasi IMBC adalah aktivitas investasi pengusaha Malaysia ke Indonesia. Menurut dia, keberadaan IMBC guna memfasilitasi investasi pengusaha Malaysia ke Indonesia, begitu juga sebaliknya. 

Advertisement

"Pengusaha Indonesia belum ke Malaysia, mungkin karena senioritas dan kemampuan kapitalitasnya [masih rendah]," ujar Tanri saat memberikan keterangan pers seusai pertemuan di Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Jumat (29/6/2018). 

Dia melanjutkan sebenarnya pengusaha Indonesia mengalami permasalahan kapital dan kapasitas yang akhirnya membuat bertahan di pasar dalam negeri. "Ditambah lagi pengusaha seperti semut, kalau pasar ada mereka pasti berkerubung di sana. Kan pasar Indonesia besar," jelasnya. 

Menurut Tanri, PM Malaysia Mahathir Mohamad mengharapkan adanya sinergisasi pengusaha Indonesia dengan Malaysia, terutama dalam menghadapi pasar global. Mahathir melihatnya dari sisi pasar. Dia menginginkan kekuatan bersama Malaysia dan Indonesia, seperti komoditas minyak sawit menjadi fokus bersama untuk menghadapi pasar global sehingga ke depan diharapkan adanya pembentukan aliansi dagang atau kemitraan antara pengusaha Malaysia dan Indonesia. 

"Ini yang akan kita bahas lebih lanjut," ungkap Dato Sri Chairul Anhar, Sekjen IMBC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

AJARAN AGAMA: Generasi Milenial Dinilai Penting Belajar Fikih

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement