Advertisement

Jokowi Panggil 4 Menteri, Apa yang Dibahas?

Yodie Hardiyan
Jum'at, 03 Agustus 2018 - 19:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Jokowi Panggil 4 Menteri, Apa yang Dibahas? Presiden Joko Widodo menanti kehadiran Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad dan Ibu Siti Hasmah dalam kunjungan kenegaraan di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/6/2018). - Antara/Puspa Perwitasari

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Presiden Joko Widodo memanggil empat menteri untuk membahas cadangan dan harga beras di tengah musim kemarau ini. Keempat menteri itu adalah

Menteri BUMN Rini Soemarno; Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita; Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution serta Kepala Badan Urusan Logistik Budi Waseso.

Advertisement

Darmin mengatakan Presiden memeriksa kesiapan pemerintah dalam hal pangan, terutama beras, menghadapi situasi musim kemarau ini. "Jadi benar-benar pengecekan saja dan kita sudah jelaskan bahwa baik dari stok pengadaan dalam negeri semuanya itu cukup," kata Darmin ketika ditemui di lingkungan Istana Kepresidenan seusai bertemu Presiden Jokowi, Jumat (3/8/2018).

Darmin menyatakan harga beras mengalami peningkatan dalam tiga hari terakhir. Berdasarkan data situs Info Pangan Jakarta, harga rata-rata beras IR. II (IR 64) Ramos sebesar Rp10.550 per kilogram pada Jumat (3/8/2018) atau meningkat Rp2 dibadingkan dengan harga pada Kamis (2/8/2018).

Berdasarkan situs itu, harga rata-rata beras IR meningkat dalam rentang Rp2-Rp39 pada Jumat (3/8/2018). Harga tersebut merupakan harga rata-rata beras di sejumlah pasar di Jakarta.

"Dan Presiden punya catatan bahwa harga beras hari ini ada sedikit kenaikan. Jadi, sebelum lanjut benar kenaikan, presiden mengecek. Jadi tadi dari semua angka yang dijelaskan Bulog kesiapan kita aman," kata Darmin.

Darmin mengatakan pemerintah belum tahu secara persis faktor penyebab peningkatan harga beras yang masih relatif kecil tersebut.

Dia menduga peningkatan harga beras itu disebabkan situasi kekeringan di sejumlah tempat. Situasi itu, sambungnya, membuat pedagang mencoba untuk menaikkan harga beras. "Tapi masih kecil (peningkatan harga beras), mumpung masih kecil ya kita dipanggil Presiden," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement