Dorong Pebisnis Daring Berkembang, Ini yang Dilakukan Grab

Dorong Pebisnis Daring Berkembang, Ini yang Dilakukan GrabKorlap Komunitas Bukalapak Yogyakarta Ressy Chanda Puspita (kanan) menyampaikan materi dalam kegiatan gathering seller bertajuk "Membangun Omset Online yang Sustainable dan Profitable" di Greenhost Boutique Hotel, Minggu (30/9/2018). - Harian Jogja/Rheisnayu Cyntara
01 Oktober 2018 08:17 WIB Rheisnayu Cyntara Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Grab, platform pemesanan kendaraan dan pembayaran mobile terkemuka di Asia Tenggara, mendorong para pebisnis daring untuk memajukan usahanya dengan mengadakan gathering seller bertajuk "Membangun Omset Online yang Sustainable dan Profitable" di Greenhost Boutique Hotel, Minggu (30/9/2018). Pasalnya kini bisnis online kini jadi pilihan utama para konsumen untuk mencukupi kebutuhan.

Salah satu pembicara yang juga merupakan Korlap Komunitas Bukalapak Yogyakarta Ressy Chanda Puspita menuturkan para pebisnis harus mulai mempertimbangkan untuk memulai berbisnis daring. Sebab menurutnya ada banyak kemudahan yang ditawarkan. Di antaranya bisnis yang dijalankan melalui daring mampu menjangkau pasar yang lebih luas, tak dibatasi oleh jarak. Selain itu, melalui pemasaran lewat market place ataupun media sosial, pebisnis bisa mendapatkan pelanggan baru karena penyebaran informasinya cepat.

"Media sosial bisa dimanfaatkan secara maksimal. Tak hanya lewat facebook tapi bisa lewat market place, ada banyak yang bisa digunakan. Sehingga profitnya juga bisa lebih cepat daripada hanya lewat offline," katanya.

Creative Director Pagi Creative Media, Adjie mengatakan melalui kegiatan ini Grab berharap dapat menambah wawasan para pebisnis daring yang hadir. Apalagi ada banyak komunitas seller yang diudang. Di antaranya komunitas dari Bukalapak, Lazada, Tokoped, Nu Skin, Tuperware, Oriflame, Shopee dan Rumah Kreatif Jogja. Sedangkan pembicara yang dihadirkan juga merupakan para ahli di bidangnya. Yakni Rifki Ali Hamidi, Chairman busana mandiri corps-business sekaligus mentor di Rumah Kreatif Jogja, Ressy Candra Puspita, ketua komunitas Bukalapak Jogja dan owner Babyshopline, serta Danto Adityo, Creative Director Colorful Word Indonesia yang merupakan salah satu digital agency nasional.

Sehingga kegiatan ini tak hanya sekedar ajang temu para pebisnis daring saja. Tetapi juga tukar ilmu dan wawasan antar mereka. Lebih dari itu, Grab juga memberi fasilitas bagi para pebisnis daring berupa layanan Grab Express. Melalui layanan ini, Grab berusaha memfasilitasi konsumen agar mudah mengirimkan barang dalam kota. Menurutnya ada beberapa kemudahan yang ditawarkan. Pebisnis daring bisa melakukan pengiriman ke sepuluh tujuan tanpa perlu menunggu pesanan sebelumnya sampai.

"Tarif yang ditawarkan Grab juga lebih terjangkau. Bahkan tiap barang dijamin dengan asuransi agar lebih aman, bisa tracking barang. Pengiriman juga bisa dilakukan selama 24 jam. Sehingga seller bisa mengirimkan kapan saja," imbuhnya.

Selain mengadakan gathering seller, Grab juga akan melangsungkan Grab Express Race. Para pebisnis daring diberi waktu satu bulan untuk menggunakan jasa Grab Express untuk memudahkan bisnisnya. Bagi seller yang paling banyak menggunakan jasa Grab Express akan keluar sebagai juara, mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan bantuan promosi bisnis.