BRI Jangkau Nasabah hingga Pelosok Desa

BRI Jangkau Nasabah hingga Pelosok Desa Pelaku UMKM melakukan registrasi di agen BRILink saat mengikuti Gerakan Meng-online-kan 100.000 UMKM di Bandung, Jawa Barat, belum lama ini. - Bisnis Indonesia/Rachman
22 Oktober 2018 09:30 WIB Holy Kartika Nurwigati Ekbis Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Peran agen Brilink dalam menjangkau layanan perbankan BRI memberi pengaruh signifikan. Per Agustus, selama sebulan BRI Cabang Bantul mencatatkan kontribusi transaksi yang dicapai Agen Brilink mencapai sekitar Rp40 miliar.

Pemimpin Cabang BRI Bantul Marfis Antonius mengatakan BRI menjadi salah satu bank yang memiliki jaringan luas ke pelosok daerah. Dukungan dari banyaknya outlet electronic channel membuat bank ini semakin luas dalam melayani nasabahnya.

"Selain outlet electronic channel, kami juga memiliki 737 agen Brilink yang tersebar ke seluruh pelosok desa. Jadi transaksi apapun, mau menabung, tarik tunai atau bertransaksi apapun sudah bisa melalui agen ini. Nasabah tidak perlu lagi bergantung pada jam kantor bank," ujar Marfis pekan lalu.

Keberadaan agen Brilink memberi kemudahan bagi masyarakat dalam menjangkau layanan perbankan yang selama ini hanya dapat dilakukan di kantor cabang atau unit BRI. Melalui agen Brilink, kata Marfis, segala transaksi sudah bisa dilakukan. Antara lain meliputi nabung, membayar cicilan kredit kendaraan, atau pembelian pulsa.

Marfis mengakui dari 737 agen ada sekitar 345 agen yang aktif. Beberapa agen terbaik bahkan bisa mencatatkan transaksi sebulan sampai 2.000-3.000 transaksi. "Kontribusinya [agen Brilink] sangat signifikan bagi BRI. Bahkan, untuk lebih mendekatkan, sekaligus mempromosikan peran agen Brilink ini, kami selalu menghadirkan mereka di UMKM Corner," imbuh Marfis.

Hadirnya agen tersebut di UMKM Corner di setiap kantor cabang maupun kantor unit, memberikan peranan dalam membantu pelayanan. Marfis mengungkapkan keberadaan mereka cukup membantu saat layanan teler bank tengah ramai.

"Jadi kalau kantor cabang penuh, nasabah bisa langsung bertransaksi di agen kami tersebut, tanpa perlu menunggu teler. Sejak hadirnya agen Brilink, sedikitnya 5.000 sampai 6.000 transaksi berasal dari kontribusi agen," papar Marfis.