Rumah DP Nol Rupiah di Jakarta Diperebutkan Ribuan Orang

Rumah DP Nol Rupiah di Jakarta Diperebutkan Ribuan OrangIlustrasi perumahan. - JIBI
07 November 2018 07:50 WIB Newswire Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Program rumah dengan uang muka nol rupiah di Jakarta diperebutkan ribuan orang.

Sebanyak 1.114 warga DKI Jakarta telah mendaftarkan diri dalam program rumah susun milik (rusunami) DP 0 Rupiah. Jumlah pendaftar diprediksi terus meningkat hingga akhir masa pendaftaran.

Hal itu disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Meli Budiastuti.

Meli mengatakan, hasil rekapitulasi ini merupakan hasil penghitungan sementara yang akan terus diperbaharui datanya setiap hari.

"Berdasarkan hasil rekapitulasi Senin [5/11/2018], sudah ada 1.114 orang yang mendaftarkan diri dalam program DP 0 Rupiah," kata Meli saat dihubungi Suara.com-jaringan Harianjogja.com, Selasa (6/11/2018).

Meli menjelaskan, pendaftaran program telah dibuka sejak 1 November. Pada pendaftaran hari pertama tercatat 349 pendaftar.

Wilayah pendaftar tertinggi dari loket Jakarta Utara, sebanyak 113 pemohon dan paling sedikit dari loket Kepulauan Seribu hanya 5 pemohon.

Sementara, pada hari kedua pada Jumat (2/11/2018) tercatat ada sebanyak 414 pemohon. Adapun pemohon tertinggi berasal dari loket wilayah Jakarta Utara dan pemohon terendah berasal dari loket wilayah Kepulauan Seribu hanya 6 pemohon.

Untuk Senin (5/11/2018), jumlah pemohon yang terdaftar ada sebanyak 351 pemohon. Jumlah pemohon dari loket di 7 wilayah mengalami penurunan.

"Pendaftaran ini hanya dibuka selama hari kerja, Senin sampai Jumat hingga 20 November mendatang," tutur Meli.

Seusai melakukan pendaftaran, warga diminta untuk menunggu hasil verifikasi data yang dilakukan oleh tim. Dalam tahap ini berlaku sistem gugur, pasalnya jumlah unit rusunami yang disediakan hanya berjumlah 780 unit.

"Paling cepat akan diumumkan akhir Desember melalui laman dan akan dihubungi oleh tim kami," tandasnya.

Sumber : Suara.com