Advertisement

Potensi Wisata Kuliner DIY Perlu Diangkat

Holy Kartika Nurwigati
Kamis, 29 November 2018 - 07:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Potensi Wisata Kuliner DIY Perlu Diangkat Aneka makanan kalengan khas Jogja - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Industri kuliner menjadi potensi unggulan dalam mendukung pariwisata DIY. Dalam pengukuhan pengurus baru Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI) DIY, potensi kuliner tradisional perlu diangkat dan dikemas lebih menarik agar sesuai dengan kebutuhan pasar.

Ketua DPD APJI DIY Sri Wahyuni Dewi mengatakan anggota asosiasi ini diharapkan dapat selalu meningkatkan profesionalismenya dalam turut serta mendorong sektor pariwisata dan industri jasa boga di Jogja. "Memang dari segi pengemasan, industri kuliner DIY masih cukup lemah, terutama dalam mengemas makanan tradisional," ujar Dewi seusai acara Pelantikan Pengurus DPD APJI DIY Periode 2018-2023 di Hotel Grand Inna Malioboro, Rabu (28/11).

Advertisement

Dewi mengatakan kekayaan makanan tradisional di DIY harus dapat diangkat. Untuk dapat meningkatkan kualitas makanan tradisional yang dimiliki setiap wilayah di DIY, APJI akan menggandeng Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY untuk meningkatkan kulitas pengemasan.

"Kearifan lokal dan cita rasa makanan tradisional, memang tidak selalu bisa dinikmati oleh wisatawan, terutama dari mancanegara. Namun demikian, kami akan tetap mencoba mengemas potensi tersebut," jelas Dewi.

Asisten Administrasi Umum Sekda DIY Kristiana Swasti saat membacakan sambutan dari Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengatakan keberadaan asosiasi ini turut berperan dalan mendukung gerak pembangunan, khususnya di bidang ketahanan pangan.

DIY dikenal memiliki berbagai jenis makanan tradisional. Nana mengungkapkan potensi tersebut harus dapat dilestarikan dan dikembangkan. Berkembangnya makanan olahan industri modern menjadikan kekhawatiran akan tergesernya makanan khas tradisional.

"Untuk itu, kami berharap asosiasi ini dapat lebih berperan aktif dalam keikutsertaannya dalam mengembangkan jenis-jenis makanan tradisional. Antara lain dengan memasukkan ragam makanan khas ke dalam paket menu yang ditawarkan," jelas Nana.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta menambahkan potensi kuliner Jogja merupakan salah satu destinasi menarik yang dimiliki kota ini. Untuk itu, peran asosiasi jasa boga dalam mendukung pariwisata ini diharapkan dapat turut mengangkat potensi makanan yang dimiliki DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Wilayah Jogja dan Sekitarnya, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement