Advertisement

Ada Titik Cerah, Kemenhub Akan Buat Bus Kembali Jadi Primadona

Yudi Supriyanto
Senin, 10 Juni 2019 - 07:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Ada Titik Cerah, Kemenhub Akan Buat Bus Kembali Jadi Primadona Suasana di Terminal Bus Giwangan, Jogja, Senin (3/6/2019). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG—Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan akan berusaha membuat angkutan umum berbasis jalan raya bus menjadi primadona pada masa angkutan Lebaran tahun-tahun mendatang guna mengurangi penggunaan kendaraan pribadi ketika masa mudik Lebaran. Tahun ini, jumlah bus yang beroperasi pasa angkutan Lebaran naik 10%-15%. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan akan mempelajari beberapa hal agar bus menjadi primadona bagi masyarakat, seperti suku bunga, perpajakan, dan sebagainya sehingga banyak pengusaha bus yang ingin melakukan investasi. “Kami akan pelajari [cara] bis jadi angkutan primadona,” kata Budi di Semarang, Jawa Tengah, belum lama ini.

Advertisement

Dia meyakini akan banyak bus-bus baru bermunculan ketika industri angkutan umum berbasis jalan raya bus di dalam negeri cukup menarik bagi para pemilik modal atau investor. Bus-bus baru yang akan bermunculan, tambahnya, dapat membuat masyarakat ingin menggunakan angkutan umum berbasis jalan raya tersebut. Tidak hanya itu, dia juga akan memperbaiki terminal-terminal yang ada di dalam negeri. “Kalau industri bus menjadi suatu yang menarik, akan banyak bus-bus baru, dan kalau ada bus-bus baru, masyarakat pasti ingin [menggunakan]. Apalagi kita secara intensif meng-campaign itu,” katanya.

Jumlah bus yang beroperasi pada masa angkutan Lebaran tahun ini, dia melanjutkan mengalami kenaikan sekitar 10%-15% dibandingkan dengan masa angkutan Lebaran tahun lalu. Pihaknya juga akan intensif dalam mengadakan mudik gratis dengan angkutan umum berbasis jalan raya bus pada masa lebaran tahun mendatang guna mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

Salah satu langkah yang akan dilakukan Kemenhub, ujarnya adalah dengan mencoba menambah anggaran untuk melakukan mudik gratis dengan menggunakan angkutan umum berbasis jalan raya tersebut. “Kami coba tambah [Anggaran untuk mudik gratis tahun depan], tetapi tahun ini ada kenaikan [mudik gratis],” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

PENINGKATAN KAPASITAS SDM WISATA: Dispar DIY Gelar Pelatihan Penyelenggaraan Event

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement