Advertisement

Berbisnis Rumah Sakit, Yuk Intip Kiat Sukses Jusuf Kalla

Anggara Pernando
Kamis, 11 Juli 2019 - 01:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Berbisnis Rumah Sakit, Yuk Intip Kiat Sukses Jusuf Kalla Wakil Presiden Jusuf Kalla - Bisnis/Anggara Pernando

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Wakil Presiden Jusuf Kalla sudah sejak muda bergelut dalam beragam bisnis, termasuk menjadi ketua yayasan di rumah sakit.

Menurutnya, perkembangan bisnis rumah sakit semakin ketat. Bahkan setiap tahun ada rumah sakit baru yang diresmikan dengan teknologi semakin maju dan pelayanan semakin meningkat.
 
"Di Jakarta [sekarang] digambarkan ada 300 RS, [padahal] 50-60 tahun yang lalu itu hanya tidak cukup 10, paling sekitar RSCM, RS Carolus, RS tentara dan mungkin RS Cikini. Sekarang hampir semua pelosok sudah ada RS. Artinya kesadaran orang akan pentingnya layanan itu makin tinggi," kata Jusuf Kalla di Peresmian RS Yarsi Jakarta, Rabu (10/7/2019).
 
Menurutnya, dengan tingginya persaingan mendapatkan pasien ini maka rumah sakit harus memperkuat tiga sisi. Sisi itu meliputi tenaga medis yang handal, alat dan dukungan teknologi terbaru. Sedangkan yang terakhir adalah memperkuat pelayanan sehingga rumah sakit memiliki kualitas setara hotel.
 
"Lain kali, [manajemen] rumah sakit ada insinyur, dokter hanya sepertiga. Ada tiga macam direktur, kalau dokter semua kesalahan. Biar keahliannya berbeda," katanya. 
 
Dia menyebutkan pembaharuan model bisnis ini harus dilakukan oleh rumah sakit agar dapat bertahan dan memperbesar lingkup pelayanannya.
 

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement