Sekolah Pasar Modal Dongkrak Jumlah Investor

Sekolah Pasar Modal Dongkrak Jumlah Investor Senior Officer Representative Officer BEI Perwakilan Yogyakarta, Agnes Sindhunita Kusumastuti, saat mengisi Sekolah Pasar Modal, Sabtu (2/11/2019). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo
03 November 2019 10:12 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJAHarian Jogja bekerjasama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) kantor perwakilan Yogyakarta, dan PT. Phillip Sekuritas Indonesia, menyelenggarakan Sekolah Pasar Modal, Sabtu (2/11/2019).

Senior Officer Representative Officer BEI Kantor Perwakilan Yogyakarta, Agnes Sindhunita Kusumastuti mengatakan investasi di saham merupakan salah satu investasi yang murah, mudah dan terjangkau. “Jadi investasi yang kekinian itu salah satunya saham,” kata Agnes.

Agnes mengatakan untuk pemula yang akan mulai berinvestasi mengetahui produknya, kedua mengetahui mekanisme dari investasi. Untuk mengetahui mekanisme tersebut bisa melalui update berita, kemudian mengikuti pelatihan seperti Sekolah Pasar Modal. Biasanya kelas tersebut dilakukan lima-delapan kali dalam satu bulan. Untuk informasi jadwal pasti dapat dilihat di instagram @idx_yogyakarta.

Agnes mengatakan untuk mengkuti program Yuk Nabung Saham, hanya memerlukan modal awal Rp100.000. Yuk Nabung Saham merupakan kampanye pemerintah, yang menganjurkan BEI, mengajak masyarakat Indonesia berinvestasi di saham.

Agar tidak terjebak dalam investasi bodong, Agnes menyarankan agar mengetahui tempat investasi diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). “Pasar Modal itu tidak ada yang di-blacklist, karena kita dibawah pengawasan OJK. Jadi investasi saham aman,” katanya.

Branch Representative PT. Phillip Sekuritas Indonesia, Zunarsa Hafizh memberikan tips bahwa memilih saham yang baik dapat dilakukan dengan analisa fundamental dan teknikal.

Analisa fundamental dikatakannya dapat dilakukan dengan melihat makroekonomi, kondisi industri, dan kondisi perusahaan. Sementara analisa teknikal biasanya digunakan untuk investasi jangka pendek.

Selain itu juga, ia mengenalkan platform yang digunakan PT. Phillip Sekuritas yaitu Poems id, yang memiliki berbagai keunggulan mulai dari fitur smart start yang membantu nasabah awal yang masih bingung, namun tetap bisa mendapat profit. Kemudian smart plan, yaitu membantu bagi yang punya mobilitas tinggi namun tetap ingin investasi rutin.

Kemudian autosweep adalah fitur yang secara otomatis menginvestasikan dana idle di Rekening Dana Investor (RDI) ke reksa dana pasar uang untuk mendapatkan imbal hasil yang lebih baik. Smart safe smart order fitur agar dapat melakukan taking profit atau cut loss sesuai rencana tanpa perlu takut kehilangan momentum yang ada. “Gratis plugin amibroker juga,” ujarnya.