Advertisement

Wakaf Picu Akselerasi Perekonomian DIY

Kusnul Isti Qomah
Minggu, 03 November 2019 - 02:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Wakaf Picu Akselerasi Perekonomian DIY Kegiatan seminar kolaborarif Gerakan Pemberdayaan Perekonomian DIY Berbasis Wakaf di Gedung Bank Indonesia DIY, Jogja, Sabtu (2/11/2019). - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Wakaf diyakini dapat memberikan kemanfaatan yang besar bagi aktivitas ekonomi masyarakat. Di sisi lain, keberadaan aset wakaf sangat potensial untuk menjadi salah satu motor penggerak ekonomi nasional.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY Hilman Tisnawan mengungkapkan dengan pengelolaan yang profesional, aset wakaf merupakan faktor yang berperan penting dalam meningkatkan efisiensi nasional. Dalam hal ini, optimalisasi ekonomi syariah turut mendorong perekonomian dan mengurangi tekanan pada neraca transaksi berjalan Indonesia.

Advertisement

Melihat besarnya potensi Indonesia dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, kolaborasi dan koordinasi merupakan hal yang integral. "Dengan sinergi antara seluruh pihak serta dukungan penuh dari otoritas terkait, ekonomi dan keuangan syariah diharapkan akan semakin maju dan mampu mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan," ujar dia kepada wartawan di sela-sela seminar kolaborarif “Gerakan Pemberdayaan Perekonomian DIY Berbasis Wakaf” di Gedung Bank Indonesia DIY, Jogja, Sabtu (2/11/2019).

Untuk memfasilitasi terciptanya ekosistem pendukung proses pengelolaan aset wakaf melalui mekanisme koordinasi antar lembaga yang solid, Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah (DEKS) Bank Indonesia dan KPw BI DIY menggandeng beberapa pihak terkait. Seperti Pemda DIY, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kemenag DIY, kalangan akademisi, organisasi keagamaan, lembaga amil zakat DIY, serta perbankan untuk membentuk konsorsium Jogja Berwakaf.

"Jogja Berwakaf ini sebagai wadah yang memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya wakaf, melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat, serta pengentasan kemiskinan," kata dia.

Kegiatan seminar kolaboratif Gerakan Pemberdayaan Ekonomi DIY Berbasis Wakaf ini merupakan wujud peran serta KPw BI DIY dalam membangun ekonomi nasional dan instrumen wakaf produktif menjadi sebuah gerakan dengan skala masif. Tujuannya untuk meningkatkan literasi dan awareness masyarakat terhadap pentingnya wakaf dalam percepatan pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Gagal Capai Target Maksimal Kunjungan Wisatawan Saat Lebaran, Pemkab Sleman Lakukan Evaluasi

Sleman
| Selasa, 16 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement