Advertisement

Sampah Plastik Hari Belanja Online Bisa Mencapai 41,3 Juta Ton

Hadijah Alaydrus
Selasa, 12 November 2019 - 06:47 WIB
Budi Cahyana
Sampah Plastik Hari Belanja Online Bisa Mencapai 41,3 Juta Ton Pekerja menyortir paket di pusat logistik layanan pos menyambut festival hari belanja online di Nanjing, Provinsi Jiangsu, China pada 10 November 2019 - Reuters/Stringer

Advertisement

Harianjogja.com, BANDUNG - Sampah plastik dari paket pengiriman festival hari belanja online di China diperkirakan dapat meningkat pesat pada 2025. Volume material paket yang digunakan untuk membungkus barang dari e-dagang mencapai 9,4 juta ton pada tahun lalu.

Laporan Greenpeace dan sejumlah LSM lainnya memperkirakan bobot sampah plastik dari hari belanja di China ini dapat mencapai 41,3 juta ton pada 2025.

Advertisement

Pejuang Greenpeace Tang Damin menuturkan perusahaan e-dagang besar nyaris tidak memberikan tanggapan apapun. "Mereka mengulur waktu hingga peraturannya keluar," ujar Damin, Senin (11/11/2019).

Pada satu jam pertama acara Double Eleven atau 11.11, penjualan Alibaba telah mencapai US$12 miliar.

Sebagai perusahaan e-dagang yang kini menyentuh hingga pedesaan, Alibaba membukukan setidaknya 1,88 miliar pengiriman paket dari 11 November hingga 16 November 2018. Biro Pos Negara di China mencatat pertumbuhan tahunan pengiriman barang sepanjang periode tersebut mencapai 26%.

Sayangnya, tidak ada angka resmi tentang sampah yang dihasilkan dari acara 11.11 tersebut. Namun, Greenpeace memperkirakan sampah plastik dari paket di acara ini tahun lalu mencapai 250.000 ton.

China memang tengah berupaya mendorong industri daur ulang menjadi bisnis yang menguntungkan karena lahan bagi pembuangan sampah akhir semakin sulit didapat.

Selain itu, para pemerhati lingkungan semakin khawatir terkait dengan pertumbuhan sampah plastik.

Namun, China hingga saat ini belum mengatasi masalah sampah dari e-dagang. Greenpeace memperkirakan hanya 5% dari plastik sisa paket e-dagang yang didaur ulang.

Bulan lalu, pemerintah China sebenarnya telah mengeluarkan standar paket. Aturan ini membatasi kurir paket untuk mengunakan material pembungkus paket yang sesuai dengan daftar yang telah disetujui pemerintah.

Pada Oktober lalu, Alibaba telah menegaskan bahwa pihaknya telah lebih ramah lingkungan dan memberikan insentif bagi pelanggan yang melakukan daur ulang. Bahkan, Alibaba menegaskan anak usaha pengiriman paketnya, Cainiao, akan memastikan setiap tanggal 20 November diperingati sebagai hari daur ulang kerdus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5 di Gunungkidul Terasa hingga Trenggalek

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement