Jelang Akhir Tahun Bagaimana Pasokan Cabai dan Bawang Merah?

Jelang Akhir Tahun Bagaimana Pasokan Cabai dan Bawang Merah?Ilustrasi pedagang bawang merah - JIBI/Harian Jogja/Holy Kartika N.S
15 November 2019 08:22 WIB Iim Fathimah Timorria Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA–Menjelang akhir tahun, pasokan sejumlah komoditas hortikultura utama jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 dipastikan aman. Harga juga diprediksi cenderung stabil baik di tingkat petani maupun konsumen.

Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Prihasto Setyanto menyebutkan harga bawang merah dan cabai-cabaian terpantau terkendali. "Pasokan aman, harga untuk cabai cenderung turun dan stabil. Tapi bawang merah memang sedikit naik harganya," ujar Prihasto kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Kamis (14/11).

Prihasto mengemukakan harga bawang merah yang terdongkrak banyak dipengaruhi oleh luas tanam jelang musim hujan. Menurutnya, para petani di sejumlah sentra produksi memilih menyiapkan lahannya untuk menanam padi alih-alih bawang merah. "Biasanya petani tanam padi dulu, baru kemudian ditanami bawang merah," ujarnya.

Ketua Umum Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI) Juwari membenarkan laporan Prihasto mengenai harga bawang merah. Dia menyatakan harga bumbu dapur tersebut kini berada di kisaran Rp21.000/kilogram (kg), lebih tinggi dari harga acuan di tingkat petani sesuai Peraturan Menteri Perdagangan No. 96/2018 tentang Harga Acuan Pembelian di Tingkat Petani dan Harga Acuan Penjualan di Tingkat Konsumen yang dipatok di angka Rp15.000/kg untuk bawang merah basah dan Rp18.300/kg untuk bawang merah askip.

Juwari mengemukakan kenaikan harga ini banyak dipengaruhi oleh pasokan yang turun selama November menyusul mundurnya masa tanam akibat kemarau. Jika masa penanaman dalam skala besar biasanya dimulai pada Oktober, tahun ini petani disebutnya baru bisa memulai penanaman pada awal November.

Terlepas dari kondisi tersebut, Juwari menuturkan pasokan bawang merah bakal aman jelang Natal dan akhir tahun. Dia menyatakan banyak petani telah mulai menanam bawang merah untuk masa panen akhir Desember. "Pasokan akan kembali normal jelang akhir tahun. Penanaman bawang merah sendiri sekitar 50 sampai 60 hari dan ini sudah mulai tanam," ungkapnya.

Harga rata-rata bawang merah secara nasional menurut Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional terpantau masih bergerak di bawah Rp30.000/kg, lebih rendah di bawah harga acuan konsumen sebesar Rp32.000/kg.

Ketua Umum Asosiasi Agribisnis Cabai Indonesia (AACI) Dadi Sudiana pun melaporkan harga cabai yang cenderung stabil tanpa kendala pasokan. Dia menyatakan harga cabai rawit di tingkat petani berkisar di angka Rp25.000 per kilogram dan cabai keriting Rp21.000 per kilogram.

Sumber : Bisnis Indonesia