AP I Gelar Operasi Katarak

AP I Gelar Operasi KatarakAgus Pandu Purnama, General Manager Bandara Internasional Adisutjipto Jogja (kedua kiri) secara simbolis menyerahkan kenang-kenangan kepada pasien katarak di RS Mata Dr Yap Jogja, Minggu (15/3)./ Ist - AP I
17 Maret 2020 06:22 WIB Kusnul Isti Qomah Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Guna memperingati Hari Ulang Tahun ke-56 yang jatuh pada  20 Februari 2020, PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Jogja menyelenggarakan bakti sosial operasi katarak.

Kegiatan ini merupakan program corporate social responsibility (CSR) Bandara Internasional Adisutjipto Jogja dengan sasaran masyarakat Jogja penderita katarak yang kurang mampu. Bertempat di Rumah Sakit Mata Dr. Yap Jogja, program bakti sosial operasi katarak diikuti 40 orang yang berasal dari seluruh wilayah DIY.

“Program bakti sosial operasi katarak menjadi kontribusi dan tanggung jawab sosial kami untuk turut serta menurunkan angka kebutaan dan angka penderita katarak di wilayah Yogyakarta,“ jelas Agus

Pandu Purnama, General Manager Bandara Internasional Adisutjipto Jogja, Minggu (15/3).

Ia berharap melalui penyelenggaraan program bakti sosial operasi katarak hari ini, dapat memberikan manfaat bagi lingkungan masyarakat serta  memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa katarak merupakan salah satu penyebab kebutaan yang paling tinggi. Penting untuk melakukan operasi katarak bagi penderita, untuk dapat sehat kembali.

Dalam prosesnya, pencarian calon pasien dilakukan dengan screening awal terlebih dahulu, yaitu pasien datang memeriksakan diri ke pusat pelayanan kesehatan untuk mengetahui pasien tersebut memang menderita katarak. Selain itu dilakukan pula pengukuran tensi dan gula darah, karena syarat awal akan dilakukan operasi adalah hasil dari pengukuran tensi dan gula darah yang masuk dalam batas normal.

Selanjutnya setelah dilakukan screening awal kepada calon penerima bantuan, dilakukan proses operasi oleh tim Dokter dari RS Mata Dr. Yap Jogja. Untuk masa pemulihan, yaitu selama lebih kurang tiga bulan, pasien diwajibkan melakukan kontrol secara langsung melalui RS Mata Dr. YAP.

“Pelaksanaan kegiatan hari ini bukan saja menjadi serangkaian peringatan HUT ke-56 Angkasa Pura I, melainkan juga sebagai bentuk kepedulian pada bidang kesehatan masyarakat," kata dia.