Advertisement

Harga Gula Pasir Masih Tinggi

Herlambang Jati Kusumo
Senin, 23 Maret 2020 - 22:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Harga Gula Pasir Masih Tinggi Ilustrasi. - Solopos/Sunaryo Haryo Bayu

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Harga kebutuhan pokok di DIY dinilai masih stabil hingga memasuki pekan keempat Maret ini. Hanya gula pasir yang masih terlampau tinggi.

“Harga bahan pokok sampai saat ini masih cukup stabil secara keseluruhan, hanya komoditas gula yang masih tinggi,” kata Kepala Bidang Perdangangan dalam Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY, Yanto Aprianto, Senin (23/3).

Advertisement

Yanto mengungkapkan saat ini komoditas gula masih tinggi, karena masih dalam proses impor, dan sebagian masuk proses produksi. Menipisnya stok di pasaran saat ini membuat harga gula pasir menyentuh di harga Rp17.600/ kilogram (kg), harga tersebut lebih tinggi dari acuan yang ada Rp12.500/kg.

Yanto juga mengatakan menipisnya stok saat ini juga karena distributor di Jogja tidak ada yang berani pesan dengan jumlah yang banyak. “Mungkin itu yang mereka takutkan harga akan turun [ketika impor sudah ada],” ucapnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Bulog Divre DIY, Juaheni yang mengatakan untuk gula memang saat ini masih sulit. “Masih diolah di GMM [Pabrik Gula, PT Gendhis Multi Manis] Bulog],” ujar Juaheni.

Sementara itu untuk kebutuhan pokok lain dirasa masih mencukupi,  data terbaru pada Selasa (17/3), tersedia beras dengan jumlah 18.986 ton; minyak goreng 5.669 liter; tepung terigu 14 ton dan daging kerbau 17 ton. Diharapkannya untuk gula ketika masuk puasa nanti sudah ada penambahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Affandi, Lokasi dan Jam Buka

Sleman
| Rabu, 24 April 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement