Picu Semangat lewat Komunikasi Konstruktif, Olifant Gelar Hello Student

Picu Semangat lewat Komunikasi Konstruktif, Olifant Gelar Hello StudentGuru-guru di Olifant School memberikan pembelajaran secara online belum lama ini./ Ist. - Olifant School
05 Agustus 2020 17:12 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Membangun komunikasi konstruktif dan membangun budaya positif dapat membantu meningkatkan semangat serta kelancaran dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh. 

“Membangun bonding atau kedekatan antara guru dan siswa, sesama siswa, ataupun guru dengan orang tua, diharapkan membantu meningkatkan semangat saat pembelajaran jarak jauh,” ujar Head of Creative and Program Development Olifant School, Mariana Hastuti, Rabu (5/8).

Sebagai upaya dan perhatian dalam meningkatkan engagement serta keterlibatan anak dalam kegiatan pembelajaran, Olifant School menggelar Hello Students. Kegiatan ini juga sekaligus menjadi wadah interaksi guru dan siswa dalam kelompok kecil terutama ditujukan untuk pendampingan perkembangan life skills and character building untuk anak.

“Bersifat ringan dan santai, siswa dapat menyampaikan kesulitan yang dihadapi, atau bercerita tentang hal ringan lainnya dengan teman. Untuk siswa di usia yang lebih tua, kegiatan ini menjadi semacam ruang konsultasi bagi mereka. Kegiatan ini sama sekali tidak membahas topik pembelajaran dengan anak. Sekali waktu, dapat diisi juga dengan kegiatan story telling tentang hobi, atau bahkan menunjukkan hobinya untuk menghibur teman-teman lain dalam ruang Hello Students ini,” ujarnya. 

Melalui Hello Students, guru lebih bisa mengetahui situasi dan kondisi masing-masing anak secara intensif, sehingga dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan dalam mengkreasikan kegiatan pembelajaran jarak jauh supaya efektif bagi anak.

Hal lainnya adalah pertimbangan mengenai pentingnya pendapat anak-anak sebagai subyek dalam kegiatan pembelajaran, karena dari pendapat mereka akan dapat mengetahui kebutuhan mereka yang dapat dibantu.

Orang Tua

Selain untuk anak, Olifant School juga menggelar program untuk orang tua. Betapapun peran orang tua sebagai rekan kerja sekolah penting untuk mendukung perkembangan pembelajaran jarak jauh siswa.

Dalam kegiatan ini yang bernama Hello Parents itu, orang tua dapat bertemu dalam kelompok kecil. Dalam kegiatan ini orang tua dapat bercerita tentang perkembangan anak sehingga dapat berbagi tips dengan orang tua lainnya, tantangan dalam mendampingi anak, sistem pembelajaran yang masih belum dipahami, termasuk jika mengalami kendala teknis selama pembelajaran jarak jauh.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kerjasama dan saling memahami antara sekolah dan orangtua, serta membantu orang tua yang mengalami kesulitan dalam pendampingan kegiatan belajar anak. Selain bertanya atau menceritakan tentang perkembangan anak, ruang ini juga dapat digunakan untuk memberikan masukan yang membangun dalam kegiatan pembelajaran,” ujarnya.