Begini Cara Olifant Mendidik Anak agar Bijak Memanfaatkan Teknologi

Begini Cara Olifant Mendidik Anak agar Bijak Memanfaatkan Teknologi Kedua orang tua siswa kelas IV Olifant Elementary menunjukkan netbook yang telah diterima anak mereka, belum lama ini. - Istimewa/Ollifant School
12 Agustus 2020 22:27 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Selain sangat menyadari kebutuhan bertahan hidup generasi digital native, Olifant School juga memahami kebutuhan untuk membekali mereka dengan kecakapan hidup. Dengan begitu diharapkan anak-anak akan memiliki kontrol internal supaya tetap bijak dalam menggunakan teknologi.

Head of Creative and Program Development Olifant School, Mariana Hastuti mengatakan Olifant School memiliki program Technology Integration sebagai bagian dari roadmap pendidikan. Program ini menjadi fokus perkembangan di kelas IV Olifant Elementary.

“Saat kelas IV, mereka akan mendapatkan netbook personal yang disediakan sekolah sesuai dengan kebutuhan anak untuk spesifikasinya. Netbook tersebut tidak diterima dengan cuma-cuma, tetapi mereka harus dalam tanda kutip membeli sendiri,” ujar Mariana, Rabu (12/8/2020).

Mereka membeli sendiri dengan cara mengumpulkan token. Token ini diberikan sebagai bagian dari program pengembangan karakter berdasarkan kurikulum Olifant School. Ada target token minimal yang mereka kumpulkan dari kelas sebelumnya.

Token ini akan diberikan apabila mereka berhasil mencapai target life skills, misalnya tentang kedisiplinan, tentang bekerja sama, toleransi, kebiasaan belajar yang baik, belajar tentang perencanaan pribadi dan nilai nilai karakter lainnya. Jika belum dapat memenuhi tokennya, maka anak-anak akan mengikuti sistem tertentu untuk memenuhi kekurangan tokennya.

Setelah mendapatkan netbook itu, mereka akan mengikuti seminar dan pelatihan khusus melalui sebuah program lokakarya secara berseri. Materi lokakarya tersebut untuk mempersiapkan anak agar bertanggung jawab.

“Anak dididik bertanggung jawab atas netbook yang diterimanya, baik dalam hal perawatan, etika penggunaan, serta etika berinternet yang bijak. Mereka juga diajari menggunakan berbagai perangkat lunak atau program yang mendukung pembelajaran,” kata dia.

Program tersebut, kata dia, sudah dijalankan Olifant School sejak kali pertama Olifant School membuka level elementary. Tidak hanya berhenti pada lokakarya, pelaksanaan integrasi teknologi juga dilakukan dalam kegiatan pembelajaran harian.

Termasuk edukasi tentang Internet bijak bagi anak-anak. Mempersiapkan dan mendampingi para digital native ini akan memberikan salah satu bekal bagi mereka untuk menyesuaikan diri serta bertahan di masa mendatang untuk menggunakan teknologi dan dunia digital dengan bijak bagi kehidupan mereka.