Advertisement

Maskapai Butuh Banyak Penumpang agar Tetap Hidup

Anitana Widya Puspa
Jum'at, 21 Agustus 2020 - 16:47 WIB
Maya Herawati
Maskapai Butuh Banyak Penumpang agar Tetap Hidup Ilustrasi: Lion Air menerapkan kebijakan jaga jarak saat di pesawat saat new normal. - istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA —Pandemi Covid-19 memukul bisnis penerbangan di Tanah Air. Saat ini maskapai penerbangan butuh lebih banyak penumpang agar bisa bertahan hidup.

Jumlah penumpang hari-hari ini merosot tajam hingga menyisakan sekitar 40%. PT Angkasa Pura (AP) I mengalami pertumbuhan pergerakan penumpang pada periode 1—16 Agustus 2020 mencapai lebih dari 1 juta penumpang atau tumbuh 53 persen dibandingkan dengan pada periode yang sama bulan lalu sebanyak 652.107 orang.

Advertisement

Sementara itu, AP II mencatat pergerakan penumpang pada periode 1 Agustus—10 Agustus dibandingkan dengan periode yang sama bulan sebelumnya atau tumbuh 46 persen.

Pengamat bidang penerbangan dari Jaringan Penerbangan Indonesia (Japri) Gerry Soedjatman menyampaikan bahwa tumbuhnya pergerakan tersebut membuat maskapai bisa sedikit bernapas lebih lega setelah sempat tercekik dengan pergerakan pesawat dan penumpang yang sebelumnya di kisaran hanya 20 persen.

Pasalnya, katanya, jika pergerakan maskapai hanya tumbuh di kisaran yang sama, ancaman kebangkrutan maskapai menjadi lebih nyata dihadapi pada kuartal akhir tahun ini.

“Targetnya harus naik ke 70 persen meskipun belum untung banyak, tapi paling enggak mereka memiliki cashflow atau arus kas untuk mencari sumber pembiayaan lainnya dan hingga 12 bulan ke depan,” jelasnya, Kamis (21/8/2020).

Menurutnya, jika maskapai belum dapat mencapai target pergerakan tersebut akan menyebabkan mereka susah mencari pendanaan kepada perbankan. Perbankan tidak dapat memberi pinjaman karena tidak ada jaminan dapat membayarnya kembali.

Namun, kata Gerry, saat ini dengan masih berlakunya pembatasan tingkat keterisian atau okupansi maksimal yang dimiliki pesawat hingga sebesar 70 persen tidak cukup untuk meningkatkan pertumbuhan pergerakan penumpang ke level yang diharapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Danais Kembali Dikucurkan untuk Mendukung Program Becak Listrik di 2024

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement