Ekspor Bermanfaat bagi Bisnis Berskala Kecil

Ekspor Bermanfaat bagi Bisnis Berskala KecilPekerja berada di depan peti kemas yang ditumpuk di Pelabuhan Yangshan Deepwater, Shanghai, China, Senin (23/3/2020). Bloomberg - Qilai Shen\\n
03 November 2020 18:27 WIB Nirmala Aninda Ekbis Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-Ketika kondisi perekonomian dilanda resesi pemilik usaha kecil bisa mendiversifikasi basis pasar mereka dengan mengekspor produk atau layanan mereka.

Banyak usaha kecil tidak akan menganggap diri mereka sebagai eksportir, tetapi kenyataannya kegiatan perdagangan saat ini sudah bergerak lebih luas, meskipun dalam skala kecil.

Bisnis kecil begitu sibuk menjalankan operasi sehari-hari sehingga mereka tidak mempertimbangkan potensi ekspor mereka.

Seringkali, perusahaan menganggap ekspor terlalu membebani, atau mereka tidak mengetahui layanan ekspor dan pembiayaan yang ditawarkan oleh pemerintah. Tetapi masih banyak lagi alasan mengapa bisnis kecil harus dimulai.

Dilansir melalui Order Space, berikut adalah enam alasan mengapa perusahaan kecil harus mempertimbangkan ekspor sebagai cara untuk memperluas basis penjualan dan mengurangi dampak penurunan ekonomi.

1. Permintaan yang Lebih Tinggi

Warisan, cerita, atau reputasi negara Anda bisa menjadi nilai jual tinggi saat berdagang di luar negeri. Misalnya, Merek Indonesia makin diminati di beberapa negara, sehingga frasa Made in Indoensia dapat memberikan jenis produk tertentu keunggulan dibandingkan barang serupa yang dibuat di tempat lain.

2. Keuntungan Meningkat

Secara rata-rata, bisnis eksportir tumbuh lebih cepat, menghasilkan lebih banyak penjualan, dan mempekerjakan lebih banyak orang. Apa yang tidak disukai tentang itu?

3. Diversifikasi Risiko

Persebaran geografis yang lebih luas mengurangi dampak dari penurunan atau krisis lokal.

4. Menurunkan biaya produksi

Peningkatan penjualan seharusnya menghasilkan biaya produksi yang lebih rendah karena Anda dapat memesan dalam jumlah yang lebih banyak.

5. Pendidikan & Inovasi

Anda akan dihadapkan pada cara baru dan berbeda dalam melakukan sesuatu, teknologi baru, dan lain lain. Hal ini akan menghasilkan produk dan layanan yang lebih baik.

6. Peningkatan Umur Relevansi Produk

Anda dapat menghindari siklus hidup standar suatu produk (peluncuran - pertumbuhan - maturity - penurunan) dengan mendorong peluncuran di lokasi yang berbeda. Jadi, saat produk mencapai maturity relevansi di pasar domestik, Anda dapat memperkenalkannya ke tempat lain.

Sumber : JIBI/Bisnis.com