Advertisement

Siswa OHS Ikuti Simulasi Konferensi PBB

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 17 Februari 2021 - 19:17 WIB
Arief Junianto
Siswa OHS Ikuti Simulasi Konferensi PBB Tangkapan layar kelas pembekalan untuk delegasi AIM UN. - Istimewa/Olifant School

Advertisement

Harianjogja.com. SLEMAN—Olifant terus berupaya mempersiapkan seorang pemimpin masa depan yang dapat berperan sebagai problem solver khususnya yang terjadi di lingkungan serta masyarakat. Hal itu dilakukan lewat pengembangan pendidikan berdasar Roadmap to Future Sociopreneur yang disusun oleh Olifant High School (OHS).

Principal of OHS, Puspita Dewi menngatakan kemampuan anak-anak untuk memiliki kemampuan berpikir kritis, dan mencari cara pemecahan masalah, adalah dasar keterampilan yang diperlukan pemimpin masa depan. Itulah sebabnya Olifant High School memiliki perhatian yang besar untuk mengembangkan keterampilan serta kemampuan tersebut sebagai bekal di masa mendatang.

Advertisement

"Berinteraksi dengan siswa atau orang dari negara lain dalam berbagai situasi, juga akan semakin membuka wawasan siswa untuk memperluas pengetahuan tentang berbagai kondisi," kata Puspita melalui rilis, Rabu (17/2/2021).

Demi mendukung target pengembangan kemampuan siswa untuk memiliki karakter seorang sociopreneur, tahun ini Olifant High School mengirimkan beberapa delegasi siswa untuk mengikuti Act2Impact Model United Nation (AIM UN) yang diadakan oleh organisasi Worldview.

AIM UN secara umum merupakan forum simulasi akademik konferensi PBB yang bertujuan agar para siswa belajar mengambil peran sebagai pemimpin dan duta besar untuk mendorong kemajuan besar 10 atau 20 tahun mendatang melalui forum debat dan pemecahan masalah. Lewat forum ini, para delegasi berkesempatan berinteraksi dan belajar dengan para delegasi dari negara lain, serta tidak kalah pentingnya juga dapat belajar langsung dari para akademisi, pelaku industri, entrepreneur yang sudah mendapatkan pengakuan dunia.

Akhir 2019, kata Puspita, OHS sudah pernah mengirimkan 11 delegasi untuk mengikuti Oxford MUN di Singapura. Tahun ini kegiatan MUN dari Worldview ini diselenggarakan dalam bentuk virtual sehubungan dengan masa pandemi yang terjadi di seluruh dunia.

Kegiatan ini akan diikuti oleh sekitar 300 delegasi dari berbagai negara yang terdiri dari siswa dan anak muda berusia antara 13-18 tahun. Selama kegiatan tersebut para delegasi akan mewakili negara-negara yang ditunjuk dengan isu yang berbeda dari setiap negara.

Sebagai siswa yang tergabung dalam delegasi ini mereka memiliki kriteria kemampuan khusus yang harus dimiliki. Misalnya kemampuan berbahasa Inggris aktif, wawasan yang luas, kemampuan berpikir kritis, public speaking, kepercayaan diri serta berbagai keterampilan lainnya. “Bagi siswa yang mendaftar dan dipilih sebagai delegasi, mereka juga harus memiliki pencapaian akademik dan perkembangan life skill.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pencurian Ternak di Kulonprogo Marak, 5 Kambing Hilang dalam Semalam

Kulonprogo
| Kamis, 25 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement