Advertisement

Kanwil DJPB DIY Berikan Bimtek di Bidang Perbendaharaan  

Media Digital
Jum'at, 09 April 2021 - 18:07 WIB
Budi Cahyana
Kanwil DJPB DIY Berikan Bimtek di Bidang Perbendaharaan   Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DIY menyelenggarakan Bimtek Refreshment SAKTI Modul Penganggaran (Revisi DIPA) yang diselenggarakan pada 7 April 2021. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJATerhitung mulai 1 Februari 2020, pengajuan usulan revisi DIPA TA 2020 dilakukan melalui modul penganggaran pada aplikasi Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) Web. Berdasarkan evaluasi pelaksanaan implementasi SAKTI pada satuan kerja selama kurun waktu satu tahun, masih terdapat beberapa kendala yang mengakibatkan lambatnya penyelesaian pengusulan revisi DIPA oleh satker maupun pengembalian pengajuan revisi DIPA.

Dalam rangka meningkatkan tingkat pemahaman satuan kerja atas mekanisme penyusunan dan pengajuan revisi DIPA, maka Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DIY menyelenggarakan Bimtek Refreshment SAKTI Modul Penganggaran (Revisi DIPA) yang diselenggarakan pada 7 April 2021 dalam dua tahap dan diikuti 15 satuan kerja dalam tiap tahapnya. Kegiatan diselenggarakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pada masa pandemi covid-19.

Advertisement

Plt Kepala Bidang PPA I, Tamiru dalam sambutannya mengatakan peningkatan kualitas SDM pada satuan kerja akan mendukung percepatan realisasi anggaran, peningkatan kinerja pelaksanaan anggaran satker dan pencapaian target output belanja pemerintah.

Selanjutnya dalam pemaparan materi, bertindak sebagai narasumber, Analis Perbendaharaan Negara Ahli Muda, Mardiyah dan Treasury Management Representatif, Lestari yang menyampaikan modul penganggaran terkait proses revisi DIPA melalui SAKTI. SAKTI adalah aplikasi yang digunakan sebagai sarana bagi satuan kerja dalam mendukung implementasi Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) dalam melakukan pengelolaan keuangan, yang meliputi tahapan perencanaan hingga pertanggungjawaban anggaran. Modul yang diperlukan dalam penyusunan revisi DIPA adalah modul admin dan modul penganggaran.

Modul penganggaran pada aplikasi SAKTI memiliki keunggulan dibandingkan modul pengangaran pada aplikasi sebelumnya, yaitu RKAKL, antara lain berbasis web dengan single data base, terdapat rekam jejak dari dipa awal  sampai dengan revisi terakhir. Sesi pemaparan berlangsung interaktif dan aplikatif sehingga para peserta dapat langsung mempraktekkan dan bertanya kepada narasumber jika menemui kesulitan. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement