Advertisement

Salut, Ini 3 Target Utama Gojek soal Pelestarian Lingkungan

Herlambang Jati Kusumo
Senin, 03 Mei 2021 - 07:27 WIB
Arief Junianto
Salut, Ini 3 Target Utama Gojek soal Pelestarian Lingkungan Salah satu pembeli menunjukkan aplikasi Gojek kepada petugas kasir. - Istimewa/BCI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gojek mengumumkan komitmen Three Zeros: Zero Emissions, Zero Waste dan Zero Barriers, untuk dicapai pada 2030. Komitmen ini sebagai bagian dari misi sustainability perusahaan dalam menciptakan dampak positif dan memberikan manfaat jangka panjang bagi manusia dan bumi.

Co-CEO Gojek, Kevin Aluwi menjelaskan tujuan Three Zeros didasari oleh tiga pilar strategis, yakni pelestarian lingkungan (GoGreener) untuk memastikan pencapaian zero emissions dan zero waste; pertumbuhan sosial ekonomi (GoForward); serta kesetaraan dan keberagaman (GoTogether) untuk memastikan pencapaian zero barriers. “Ketiga pilar tersebut fokus pada isu-isu lingkungan dan sosial yang paling mendesak sekaligus memberikan dampak paling signifikan bagi seluruh pemangku kepentingan,” ucap Kevin saat menggelar jumpa pers virtual, Jumat (30/4/2021).

Advertisement

Gojek mencanangkan komitmen ini dalam laporan berkelanjutan (sustainability report) pertamanya yang diluncurkan pada Jumat. Sustainability report Gojek juga memaparkan berbagai pencapaian dan langkah ke depan perusahaan untuk mengimplementasikan praktik-praktis bisnis dengan memperhatikan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG).

Laporan sustainability Gojek dengan indikator ESG yang telah melalui proses assurance oleh PricewaterhouseCoopers (PwC) ini merupakan yang pertama dibuat oleh perusahaan berbasis Internet di Asia Tenggara dengan menggunakan standar global.

“Seiring dengan pertumbuhan Gojek, semakin penting juga untuk mencari cara agar kami dapat bertindak dengan bertanggung jawab, serta terus mendorong dan menjadi katalis di industri terutama untuk isu-isu penting,” ucap Kevin.

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo menambahkan, sektor swasta sangat diharapkan untuk bertindak dan membantu mengatasi isu-isu lingkungan dan sosial yang penting dan berdampak pada masyarakat dan lingkungan.

“Seiring dengan berkembangnya Gojek, dan dengan jutaan orang yang bergantung pada platform kami setiap harinya, kami memiliki tanggung jawab ambil bagian dan menjalankan bisnis secara berkelanjutan,” ucapnya. 

Standar Global

Group Head of Sustainability Gojek, Tanah Sullivan mengatakan untuk mencapai berbagai berbagai target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dalam waktu kurang dari 10 tahun, harus mulai bertindak.

“Berlandaskan pada ilmu pengetahuan, selaras dengan standar global serta metodologi berbasis data, kami membangun strategi ESG Gojek dengan tujuan menciptakan dampak positif dan pembangunan ekonomi yang inklusif, di manapun kami berada,” katanya.

Regional Program Manager ASEAN of GRI, Lany Harijanti mengatakan prinsip sustainability yang diadopsi perusahaan memiliki dampak positif bagi manusia, bumi, dan kesuksesan jangka panjang perusahaan. “Pasalnya pada akhirnya, tidak ada seorangpun yang dapat berbisnis jika bumi tidak ada,” ucap dia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

12 Kampung Jadi Kampung Panca Tertib Tahun Ini

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement