Advertisement

Literasi Keuangan Masyarakat Rendah, Ini Solusi dari OCBC NISP

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 20 Agustus 2021 - 07:57 WIB
Arief Junianto
Literasi Keuangan Masyarakat Rendah, Ini Solusi dari OCBC NISP Tangkapan layar saat Direktur Bank OCBC NISP, Ka Jit memaparkan hasil Studi Riset OCBC NISP Financial Fitness Index 2021 secara daring, Kamis (19/8/2021). - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Literasi keuangan di Indonesia diklaim masih rendah. Tingginya minat investasi belum diimbangi dengan wawasan berinvestasi yang benar.

Berdasarkan hasil studi riset OCBC NISP Financial Fitness Index 2021, skor rata-rata OCBC Financial Index di Indonesia di angka 37,72.

Direktur Bank OCBC NISP, Ka Jit menuturkan OCBC NISP melaksanakan studi mengenai literasi keuangan ini dengan menggandeng lembaga riset Nielsen IQ. Dalam studi ini terungkap bahwa banyak masyarakat yang belum memiliki keuangan yang sehat.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

"Sebanyak 46 persen responden percaya diri bahwa perencanaan finansial mereka saat ini akan memberikan kesuksesan finansial di masa depan. Tetapi, hanya 16 persen yang memiliki dana darurat untuk mempertahankan gaya hidup mereka jika kehilangan pekerjaan sewaktu-waktu," kata Ka Jit dalam jumpa pers daring, Kamis (19/8/2020).

Terlebih, saat ini minat masyarakat untuk berinvestasi meningkat. Kendati demikian, minat investasi ini juga belum diimbangi dengan wawasan untuk berinvestasi secara benar.

"Ada tiga persen yang memiliki produk investasi. Itupun belum banyak yang berinvestasi secara benar. Misalnya, ada yang meminjam uang untuk beli saham. Atau dana untuk sekolah atau modal menikah justru buat beli kripto. Fenomena ini terefleksi di riset ini," ucap dia.

Finance Vertical Leader NielsenIQ, Inggit Primadevi menambahkan studi ini dilakukan menggunakan empat indikator, meliputi financial basic, financial safety, financial grow, serta financial freedom.

Keempat indikator itu dijabarkan dalam 12 indikator yang mendetail untuk mengukur sikap dan pola pikir generasi muda terkait dengan kesehatan finansial.

Untuk mewujudkan generasi yang memiliki kondisi keuangan yang fit, Inggit menyarankan generasi muda untuk perlu memiliki support system dalam mewujudkan finansial yang sehat. Hal itu bisa diperoleh melalui program Financial Fitness Check Up yang disediakan oleh OCBC NISP.

Advertisement

Melalui laman www.ruangmenyala.com, kata dia, anak muda bisa mengecek skor financial fitness mereka untuk mengetahui kondisi keuangannya. Jika hasilnya belum sehat, OCBC NISP telah menyediakan berbagai layanan konsultasi melalui kelas, komunitas, serta perencanaan keuangan melalui laman tersebut.

Lewat layanan ini, OCBC NISP berharap anak muda bisa menyadari kondisi keuangannya sedini mungkin dan bisa mempersiapkan perencanaan keuangan yang baik untuk mewujudkan financial fitness.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Tol Jogja YIA Lewati Dua Desa di Bantul, Akan Melintasi Perkampungan

Bantul
| Jum'at, 30 September 2022, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement