Menyongsong Pemulihan Ekonomi, Kadin Percepat Pelantikan Pengurus Baru

Menyongsong Pemulihan Ekonomi, Kadin Percepat Pelantikan Pengurus Baru Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia 2021-2026, Arsjad Rasjid saat berbicara di Pendopo Royal Ambarrukmo Yogyakarta. - Harian Jogja - Herlambang Jati Kusumo.
18 September 2021 16:17 WIB Abdul Hamied Razak Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Arsjad Rasjid siap melantik pengurus baru Kadin periode 2021-2026. Hal ini dilakukan untuk mendukung percepatan penanganan pandemi Covid-19 dan mendorong terciptanya lebih banyak wirausaha.

Arsjad mengatakan sebelum pelantikan dilakukan ia akan membahas dan mendisukusikan program kerja para calon pengurus. Hal itu untuk memastikan para calon pengurus bisa bahu membahu membangun Kadin.

"Saya ingin mendiskusikan program-program dari setiap WKU atau kepala badan, dan juga kepengurusannya. Siapa komisi tetapnya, siapa wakil ketua komisi tetap. Ini harus dijabarkan," katanya, melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Sabtu (18/9/2021).

BACA JUGA : Kadin-UEA Buka Keran Ekspor Produk UMKM

Setelah pelantikan, Kadin akan menggelar agenda Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dilanjutkan dengan pengukuhan pengurus dan hasil Rapimnas. Mantan CEO Indika Group ini berharap pengukuhan dapat dilakukan langsung oleh Presiden RI. Joko Widodo. "Harapan kami, pengukuhan dilakukan oleh pemerintah, khususnya bapak presiden. Pengukuhan dari kepengurusan dan hasil dari pada munas. Setelah itu kemudian ada munaslub," katanya.

Ia menegaskan, program utama bagi Kadin adalah Environment, Social dan Governance. Arsjad juga menegaskan ia masih berpegang kepada empat pilar yang ia usung. Selain kesehatan, ekonomi daerah dan ekonomi nasional, ia juga akan membangun kewirausahaan dan kompetensi, serta memperbaiki dan memperkuat yang namanya internal organisasi dan regulasi.

"Kadin akan mendukung percepatan penanganan pandemi Covid-19. Serta mendorong terciptanya lebih banyak wirausaha. Menciptakan lebih banyak pengusaha berarti menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan yang ujung-ujungnya mengurangi kemiskinan," ucap Arsjad.

BACA JUGA : Kadin DIY akan Mendorong Sinergi Pemulihan Ekonomi

Ketua Tim Ad Hoc, Juni Ardianto Rachman mengatakan tugas tim ad hoc sudah selesai dan ia berharap pelantikan bisa segera dilakukan. Dengan pelantikan pengurus baru, maka tugas Arsjad sebagai Ketua Umum Kadin akan lebih terbantu. Saat ini, baru sebagian pengurus inti yang ditunjuk, antara lain adalah Ketua Dewan Pertimbangan Kadin, Anindya Bakrie.

"Kami harapkan, dengan disahkan keputusan ini, ketum bisa melaksanakan kepengurusan pelantikan," terangnya.