PLN Tetap Awasi Festival Balon Udara Wonosobo

PLN Tetap Awasi Festival Balon Udara WonosoboKemeriahan Festival Balon Udara di Wonosobo. - Istimewa
05 Mei 2022 23:07 WIB Herlambang Jati Kusumo Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Menyambut IdulfItri, warga Wonosobo, Jawa Tengah merayakan dengan menerbangkan balon udara raksasa, Rabu (4/5/2022). PT. PLN (Persero) turut mengambil peran melakukan pengawasan dalam festival ini.

Festival Balon Udara diselenggarakan di daerah Kembaran, Kalikajar dan dihadiri Bupati Wonosobo, Kasatreskrim Polres Wonosobo dan Kementerian Perhubungan.

Festival yang diselenggarakan Pemkab Wonosobo ini menerbangkan balon udara ukuran raksasa yang terbuat dari kertas dihiasi dengan berbagai motif warna-warni. Festival ini merupakan cara melestarikan tradisi masyarakat yang sudah berusia lebih dari 100 tahun dalam menyambut Idulfitri.

BACA JUGA: Kesiagaan Penuh PLN Jaga Keandalan Listrik di Momen Libur Lebaran

“Penerbangan balon ini sesuai ketentuan yang berlaku, dan kami selalu melakukan pengawasan dan pemantauan agar acara festival dapat berjalan lancar dan transmisi untuk sistem ketenagalistrikan dapat tetap terjaga keandalannya,” ucap Manager Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk Wonosobo, Daiwan Sakti Aji, melalui siaran pers, Kamis (5/5/2022).

Untuk menjaga keselamatan ketenagalistrikan, PT. PLN (Persero) Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Wonosobo akan terus menyosialisasikan manfaat dan bahaya listrik.

Sosialisasi dilakukan terutama karena masih adanya balon udara yang diterbangkan tanpa ditambatkan dan mengganggu Saluran Udara Tegangan Tinggi 150 kV di Jaringan Wonosobo Temanggung. Kesigapan personel PLN langsung melakukan pengamanan balon udara tersebut untuk mencegah bahaya yang timbul kemudian.