Advertisement

Kuota BBM Subsidi Bakal Ditambah, Pertamina: Stok Kini Hanya Mampu Bertahan 19 Hari

Nyoman Ary Wahyudi
Kamis, 04 Agustus 2022 - 19:47 WIB
Arief Junianto
Kuota BBM Subsidi Bakal Ditambah, Pertamina: Stok Kini Hanya Mampu Bertahan 19 Hari Ilustrasi. - Bisnis/Felix Jody Kinarwan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Tak hanya memberlakukan pembatasan pembelian, pemerintah juga bakal menambah kuota BBM bersubsidi pada semester II tahun ini.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif membenarkan bahwa pemerintah berencana untuk menambah kuota BBM bersubsidi pada paruh kedua tahun ini.

Advertisement

Penambahan alokasi kuota BBM bersubsidi untuk mengimbangi tingkat konsumsi masyarakat yang sejak awal tahun ini melebihi proyeksi yang ditetapkan. “Kita tidak mau kekurangan BBM kan, BBM kan energinya ekonomi, hitung-hitungannya nanti tinggal dibuat,” kata dia, Rabu (3/8/2022).

BACA JUGA: Harga BBM Nonsubsidi di DIY Ikut Naik, Segini Rinciannya

Sementara soal pembahasan kebijakan ihwal pembatasan pembelian BBM bersubsidi, dia mengatakan, bakal rampung pekan depan.

Arifin mengatakan pemerintah tengah menggodok revisi Perpres No.191/2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM yang ditargetkan rampung pada bulan ini sebagai petunjuk teknis dari program pembatasan konsumsi Pertalite dan solar.

“Minggu depan diharapkan sudah ada keputusan mengenai revisinya untuk segera diterbitkan Perpresnya,” kata Arifin.

Dia mengungkapkan pemerintah berupaya untuk tetap menerapkan pembatasan pembelian BBM bersubsidi itu pada bulan ini di tengah beban subsidi energi primer yang membengkak sejak awal tahun.

Terlebih rencana pembatasan pembelian BBM bersubsidi itu sudah menjadi amanat khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyusul harga minyak mentah dunia yang masih tertahan tinggi hingga pertengahan tahun ini.

Sementara itu, Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina melaporkan ketahanan ketersediaan BBM bersubsidi jenis Pertalite dan solar rerata berada di posisi 19 hari.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan ketahanan stok BBM bersubsidi itu dihadapkan dengan tren konsumsi masyarakat yang cenderung meningkat seiring dengan pemulihan pandemi tahun ini.

“Sejak pulih dari pandemi, tren konsumsi terus meningkat. Hal ini mengingat roda perekonomian yang semakin berputar,” kata Irto, Kamis (4/8).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkab Sleman Berupaya Mempercepat Penurunan Angka Stunting

Sleman
| Jum'at, 19 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement