Advertisement

Bulog: Stok Beras DIY Aman

Herlambang Jati Kusumo
Jum'at, 05 Agustus 2022 - 17:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Bulog: Stok Beras DIY Aman Pemanfaatan Resi Gudang di Indonesia terus mengalami pertumbuhan. - Harian Jogja - Ist

Advertisement

Harianjogja.com,JOGJA—Di tengah kabar ancaman krisis pangan di tingkat global, Badan Urusan Logistik (Bulog) Divre DIY memastikan ketersediaan kebutuhan pokok masih aman atau masih mencukupi. Penyerapan beras dari petani juga terus dilakukan.

Humas Bulog DIY, Dicki Yusfarino mengatakan untuk saat ini ketersediaan beras masih cukup dan tersebar di setiap gudang kabupaten. Untuk Bulog Divre DIY, yang mencakup wilayah DIY, Kedu dan Banyumas untuk ketersediaan beras saat ini sebanyak 50.108 ton.

Advertisement

“Stok saat ini masih cukup sampai ke musim panen berikutnya. Untuk puncak panen penyerapan biasanya Maret – Juni. Namun, panen ini tidak rata, jadi walaupun luar masa panen kami masih melakukan penyerapan,” ucap Dicki, Jumat (5/8/2022).

Untuk wilayah DIY sendiri penyerapan beras banyak dari wilayah Bantul dan Kulonprogo. Dikatakan untuk harga jual beras Bulog, beras Cadangan Bisnis Pemerintah (CBP) dijual untuk Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) Rp8.300/kg. Sementara itu untuk beras premium tidak lebih dari HET Rp12.500/kg.

Baca juga: Ingatkan soal Krisis Pangan, Pakar Ekonomi Sarankan Ini ke Pemerintah

Dicki juga menyinggung untuk komoditas lain yang dijual oleh Bulog Divre DIY, saat ini stoknya juga masih mencukupi. “Namun, karena komoditi selain beras sifatnya bisnis, jadi kita melakukan pembelian kalau ada saluran penjualannya juga,” ujarnya.

Kebutuhan pokok di pasaran yang ada di DIY sendiri, menurut Pejabat Fungsional Pengawas Perdagangan Muda Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY, Sabar Santoso, ketersediaan masih aman. Ia juga menyebut harga kebutuhan saat ini cenderung stabil. “Untuk beras atau yang lainnya stok aman semua. Harga juga stabil,” ucap Sabar.

Untuk harga beras medium IR I Rp9.800/kg, IR II Rp9.600/kg, beras termurah Rp9.133/kg. Sementara itu untuk beras premium, beras Cap Mentik Wangi Susu Rp12.333/kg, Beras Cap Raja Lele Rp13.500/kg, Beras Cap C4 Rp10.467/kg, Beras Cap IR 64 Rp10.200/kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement