Advertisement

Wisata Menggeliat, Ekonomi DIY Tumbuh

Herlambang Jati Kusumo
Jum'at, 05 Agustus 2022 - 15:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Wisata Menggeliat, Ekonomi DIY Tumbuh Kepala BPS DIY, Sugeng Arianto saat konferensi pers pertumbuhan ekonomi DIY Triwulan II 2022, secara daring, Jumat (5/8/2022). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo.

Advertisement

Harianjogja.com,JOGJA—Perekonomian DIY triwulan II 2022 tumbuh sebesar 5,20% (yoy). Pelonggaran aktivitas masyarakat dan pariwisata di DIY yang mulai menggeliat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) DIY, Sugeng Arianto mengatakan tiga pertumbuhan tertinggi mencapai dua digit terjadi pada kategori jasa lainnya, sebesar 24,21%, disusul kategori transportasi dan pergudangan sebesar 23,19%, dan pertanian 14,48%Selanjutnya penyediaan akomodasi dan makan minum juga tumbuh relatif tinggi, yaitu sebesar 9,06%,” kata Sugeng, Jumat (5/8/2022).

Advertisement

Momentum liburan sekolah dan lebaran mendukung peningkatan jumlah kunjungan wisata secara signifikan. Pemerintah juga telah melonggarkan aturan mudik, tidak lagi mensyaratkan tes antigen maupun SWAB terutama untuk perjalanan jauh. Hal ini otomatis mendorong pertumbuhan sektor-sektor pendukung pariwisata, utamanya transportasi, penyediaan akomodasi dan makan minum.

Baca juga: Ekonomi Tumbuh, Investasi Terbuka di Kawasan JJLS Gunungkidul

Jumlah penumpang angkutan udara, rel, dan darat naik secara signifikan jika dibandingkan triwulan yang sama di tahun sebelumnya. Dampak positif juga dinikmati oleh pelaku ekonomi kreatif terutama yang bergerak di komoditas kerajinan, kuliner dan fesyen. Ketiga komoditas tersebut laris manis saat liburan. Selain itu, sebagian besar mahasiswa dan pelajar sudah mulai tatap muka, sehingga banyak pendatang yang kembali ke Jogja,” kata Sugeng.

Sugeng menjelaskan andil pertumbuhan di triwulan II 2022 didominasi oleh pertanian dengan andil 1,04%. Selanjutnya transportasi 0,95% dan akomodasi makan minum 0,81%, disusul infokom dan jasa lainnya yang masing-masing sebesar 8%.

Struktur perekonomian DIY triwulan ini didominasi industri pengolahan 12,30%, disusul informasi dan komunikasi 10,55%, dan penyediaan akomodasi dan makan minum 10,11%. Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, terlihat ada pergeseran struktur PDRB. Posisi konstruksi di urutan ketiga digantikan oleh penyediaan akomodasi dan makan minum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Rute Bus Trans Jogja, Cek di Sini, Jangan Salah Pilih

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement