Advertisement

Event Fashion Bergeliat, GKR Mangkubumi: Saatnya Pariwisata DIY Bangkit

Abdul Hamied Razak
Rabu, 07 September 2022 - 01:27 WIB
Arief Junianto
Event Fashion Bergeliat, GKR Mangkubumi: Saatnya Pariwisata DIY Bangkit Ilustrasi. - Harian Jogja/Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Tren event fesyen yang kembali bermunculan di Jogja dinilai akan mempercepat pemulihan sektor pariwisata yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DIY, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi mengatakan cakupan industri fesyen sangat luas. Industri fesyen tidak hanya berbicara tentang busana tetapi juga terkait dengan hal lain seperti rambut, kosmetik, dan atribut terkait penampilan seseorang lainnya. Masing-masing aspek itu, katanya bisa dikreasi atau dikemas dalam suatu event untuk dipertunjukkan kepada khalayak.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Selama pandemi kemarin event-event untuk penyaluran kreativitas dan inovasi dari sektor fesyen itu sangat dibatasi, makanya setelah pandemi mereda, event fesyen ini kembali bermunculan," kata Mangkubumi di sela kegiatan hairshow bertajuk Sinergia Live Convention: Colorverse di Candi Prambanan, Selasa (6/9/2022).

BACA JUGA: Banyak Mahasiswa Baru di DIY, Sepeda Motor Jadi Tambah Laris dan Waktu Inden Lebih Lama

Pada event yang diikuti para pelaku usaha salon se Indonesia itu, Mangkubumi mengatakan bagi Jogja, gelaran fesyen erat kaitannya dengan pariwisata.

Banyaknya destinasi menarik bisa menjadi ruang-ruang yang representatif untuk eksplorasi dunia fashion lebih luas sekaligus mempromosikan destinasi itu sendiri.

"Fesyen bagian penting penggerak wisata, baik saat pandemi atau tidak, orang selalu terikat dengan fesyen, saat pandemi orang tetap butuh menata rambut, menata busana," ujar putri sulung Gubernur DIY Sri Sultan HB X itu.

Dengan gelaran fesyen, katanya mampu menggerakkan orang dari satu daerah ke daerah lain untuk mencari referensi dan pengalaman baru secara langsung. Dengan demikian, maka pariwisata di DIY bisa bergerak dan banyak sektor termasuk fashion juga bergerak. Seperti gelaran hairshow Sinergia Live Convention

CEO PT Sinergia Beautie Indonesia Shierly Nangoy mengatakan sebenarnya sudah beberapa kali mereka mengadakan event secara luring dengan membatasi peserta. Tahun ini mereka kembali membuka ruang yang besar menjalin keakraban dan persaudaraan melalui acara Sinergia Live Convention.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Kulonprogo Gelontorkan Rp10 Miliar untuk Bantu Warga dengan Sembako Lokal

Kulonprogo
| Sabtu, 04 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sungai Ini Punya Air Super Jernih, Hingga Perahu yang Melintas Seperti Melayang di Udara

Wisata
| Sabtu, 04 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement