Advertisement

Sektor Perhotelan Butuh 8,6 Juta Tenaga Kerja, Bagian F&B Paling Dicari

Newswire
Sabtu, 10 September 2022 - 01:57 WIB
Arief Junianto
Sektor Perhotelan Butuh 8,6 Juta Tenaga Kerja, Bagian F&B Paling Dicari Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) memproyeksikan kebutuhan tenaga kerja sektor perhotelan relatif stabil dan ada kecenderungan meningkat sepanjang 2022-2025.

Berdasarkan data Kemenaker, dibutuhkan lebih dari 8,6 juta tenaga kerja untuk sektor perhotelan di Indonesia yang didominasi bagian food and beverage (F&B) dari berbagai strata dengan peran dan tugasnya masing-masing.

Advertisement

Direktur Nusa International Hospitality Course (NIHC), Enny Karmin mengakui sumber daya manusia (SDM) menjadi kebutuhan penting yang menggerakkan bidang perhotelan dan pariwisata di tengah menggeliatnya industri hospitality di DIY setelah melandainya kasus pandemi Covid-19.

BACA JUGA: BPD DIY Terus Fokus Tingkatkan Layanan Digital

Untuk merespons kebutuhan SDM tersebut, kata dia, NIHC hadir di DIY untuk melahirkan tenaga kerja terampil di bidang "hospitality", pariwisata, dan perhotelan di Indonesia. "Murid yang telah mencapai tingkat keterampilan yang dipersyaratkan akan menerima sertifikat," ujar Enny.

Sebagai tempat kursus dan pelatihan, menurut dia, NIHC membuka dua program yang bisa dipilih dan diikuti selama 12 bulan, yakni Healthy and Sustainable Food and Beverage Product (F&B Products) dan Food and Beverage Service (F&B Service).

"Kami juga menghadirkan instruktur yang berpengalaman. Sebagian besar adalah lulusan master dan menjadi staf pengajar di hotel atau dosen senior di bidangnya," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pansus DPRD DIY Mulai Bahas Perubahan Aturan Soal Pengisian Jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement