Advertisement

Harga BBM Naik, Konsumen Buru Mobil Bekas Ber-CC Kecil

Abdul Hamied Razak
Rabu, 14 September 2022 - 06:37 WIB
Arief Junianto
Harga BBM Naik, Konsumen Buru Mobil Bekas Ber-CC Kecil Sejumlah pedagang mobil seken di CarSentro jalan Magelang, Selasa (13/9/2022). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) serta rencana pembatasan konsumsi BBM bersubsidi berdampak pada penjualan mobil bekas.

Irwan Kusuma dari YH Mobilindo mengatakan kenaikan harga BBM berdampak pada penjualan mobil bekas. Sejak kenaikan harga BBM, penjualan kendaraan roda empat seken menurun.

"Ya terjadi penurunan sekitar 30 persen," katanya saat ditemui Harianjogja.com di CarSentro, Jalan Magelang, Selasa (13/9/2022).

Jika sebelumnya, dalam sebulan rata-rata di CarSentro bisa terjual 20 unit mobil, kata Irwan, saat ini penjualannya masih jauh dari rata-rata penjualan sebulan.

BACA JUGA: Daftar 43 Motor dan Mobil Dilarang Pakai Pertalite: Dari Honda, Toyota, Hingga Yamaha

Selain itu, range harga mobil yang dicari antara Rp100 juta-Rp200 jutaan. "Karena harga BBM naik, kemungkinan orang menahan dulu untuk membeli mobil. Banyak juga yang mencari harga dibawah Rp200 juta. Ya biasanya lihat-lihat perkembangan dulu," katanya.

Kebijakan pemerintah yang membatasi pembelian BBM subsidi untuk jenis kendaraan dengan cubical centimeter (CC) tertentu juga ikut memengaruhi penjualan mobil.

Konsumen, kata dia, cenderung mencari mobil-mobil ber-CC kecil seperti jenis city car. "Itu [mobil ber-CC kecil] mulai banyak dicari konsumen. Sekitar 80 persen. Ya kemungkinan kondisi ini tidak lama, kalau kondisinya mulai stabil bisa kembali lagi," ujarnya.

Senada, Hartono, penjual mobil lainnya di CarSentro tersebut mengatakan sebelum harga BBM baik, banyak yang mencari mobil ber-CC besar, tetapi kini konsumen cenderung mencari yang ber-CC kecil. Namun diprediksi kecenderungan tersebut akan beranhsur normal dalam 2-3 bulan ke depan. 

"Ini dampak harga BBM naik, saya biasanya jualan sampai 20 mobil pikap, sekarang 2-3 unit terjual saja sangat susah. Untuk harga tetap cuma kami pangkas keuntungan saja," katanya.

Advertisement

Di pusat penjualan mobil seken tersebut, terdapat sekitar 30 pengusaha mobil yang bergabung dengan CarSentro.

Adapun pangsa pasar CarSentro tidak hanya di wilayah DIY tetapi juga daerah lain bahkan luar provinsi seperti Jakarta dan wilayah Sumatra.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Digelar di Jakarta, Pelantikan Sultan HB X sebagai Gubernur DIY Dijadwalkan 10 Oktober

Jogja
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement