Advertisement

Doku Dukung Pembayaran Digital untuk Warga & Pelaku UMKM Purworejo

Galih Eko Kurniawan
Rabu, 05 Oktober 2022 - 00:57 WIB
Galih Eko Kurniawan
Doku Dukung Pembayaran Digital untuk Warga & Pelaku UMKM Purworejo Purworejo, Jawa Tengah terus berupaya mencetuskan inisiatif baru pemanfaatan platform digital untuk menunjang kegiatan warga serta pelaku bisnis. - Harian Jogja - ist

Advertisement

Harianjogja.com, PURWOREJO—Purworejo, Jawa Tengah terus berupaya mencetuskan inisiatif baru pemanfaatan platform digital untuk menunjang kegiatan warga serta pelaku bisnis.

Terbaru, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Purworejo bersama Doku meluncurkan aplikasi Larisi sebagai pusat informasi, marketplace, media sosial dan juga dapat dipergunakan untuk transaksi pembayaran digital.

Advertisement

VP SME Product & Technology Doku Rachma Kandini mengungkapkan kehadiran Larisi bisa mempermudah transaksi nontunai sehari-hari warga Purworejo. “Mulai dari transfer uang sampai belaja produk lokal,” dalam rilis kepada Harian Jogja, Selasa (4/10/2022).

Larisi resmi diluncurkan Selasa kemarin bersamaan dengan layanan darurat 112 Purworejo dalam sebuah Forum Komunikasi Aspirasi Publik bertajuk Critical Voice Point yang diadakan di Pendopo Purworejo.

Bupati Purworejo Agus Bastian menyampaikan sejak Purworejo masuk dalam program 150 Smart City nasional pada 2021 dan ditetapkan sebagai Kabupaten Cerdas, Pemkab melakukan upaya-upaya percepatan untuk mendukung keberhasilan transformasi digital, salah satunya adalah melalui aplikasi Larisi.

“Manfaat pembayaran digital telah nyata dirasakan bagi masyarakat, khususnya pelaku UMKM di Indonesia. Doku sebagai mitra teknologi dalam Aplikasi Larisi sangat bersyukur dapat dilibatkan secara aktif dan partisipatif untuk menghadirkan fitur uang elektronik,” ungkapnya.

Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM yang sudah masuk ke dalam ekosistem digital mencapai 15,9 juta atau 24,9% dari total pelaku UMKM yang sekitar 65 juta unit. Selain itu kontribusi UMKM terhadap PDB nasional mencapai 61%. Data tersebut menunjukan masih banyak UMKM yang belum masuk ke ranah digital, dan masuknya UMKM ke ekosistem digital dapat menambah kontribusi UMKM terhadap ekonomi nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Termasuk Jogja, BMKG Ingatkan Sebagian Besar Wilayah Indonesia Waspada Cuaca Ekstrem

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement