Advertisement

Umumkan Rencana IPO, Blibli Optimistis Hasilkan Bisnis Berkelanjutan

Abdul Hamied Razak
Rabu, 19 Oktober 2022 - 10:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Umumkan Rencana IPO, Blibli Optimistis Hasilkan Bisnis Berkelanjutan PT Global Digital Niaga Tbk menyelenggarakanDue Diligence Meeting dan Paparan Publik (Public Expose), Selasa (18/10/2022). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Terkait rencana penawaran umum saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) yang akan dilakukan oleh perseroan pada November mendatang, PT Global Digital Niaga Tbk menyelenggarakan Due Diligence Meeting dan Paparan Publik (Public Expose), Selasa (18/10/2022).

CEO & Co-Founder Blibli, Kusumo Martanto mengatakan aksi korporasi Blibli ini merupakan salah satu langkah strategis dalam mengembangkan bisnis yang berkelanjutan di era disrupsi dan menyongsong pertumbuhan ekonomi digital di masa mendatang. Bersama tiket.com dan Ranch Market, katanya, Blibli menegaskan posisinya sebagai pemimpin ekosistem omnichannel perdagangan dan gaya hidup yang terintegrasi di Indonesia.

Advertisement

"Ekosistem Blibli menyinergikan tiga platform unggulan yaitu commerce [Blibli]; online travel agent (OTA) dan gaya hidup (tiket.com); serta high quality supfppermarket chain terkemuka (Ranch Market)," kata Kusumo melalui rilisnya, Rabu (19/10/2022).

Dengan demikian, katanya, Blibli dapat senantiasa fokus membangun kepercayaan, memberikan kemudahan dalam nilai tambah bagi para pelanggan, serta menyediakan layanan yang lebih lengkap, bermanfaat dan terintegrasi dari tiap channel dan platform di dalam ekosistem.

Baca juga: Cara Cek Nama Anda Terkena BI Checking Atau Tidak

"Sinergi ini juga diperkuat dengan fundamental bisnis yang kokoh dari berbagai aspek. Dari aspek model bisnis, Blibli fokus pada pendekatan Business-to-Consumer (B2C) dengan dukungan dari brand partners berskala global maupun nasional dalam bentuk kemitraan strategis," katanya.

Model bisnis ini, lanjutnya, berimplikasi pada penjualan dan laba yang memiliki rasio lebih tinggi dibandingkan model bisnis Consumer-to-Consumer (C2C). Bermitra dengan para pemegang merek, Blibli memastikan keaslian produk yang ada dalam platformnya demi menjaga kepuasan serta kepercayaan pelanggan.

Kinerja bisnis Blibli untuk pendapatan neto pada periode semester pertama 2022 tercatat sebesar Rp6,7 triliun, tumbuh 124% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Adapun dana hasil IPO yang diperkirakan sebanyak Rp8,1 triliun akan digunakan sebagian untuk pembayaran saldo utang fasilitas, dan sisanya dialokasikan sebagai modal kerja dalam mendukung kegiatan usaha utama dan pengembangan usaha.

Masa penawaran awal atau bookbuilding akan dilaksanakan mulai 17-24 Oktober 2022. Masa penawaran umum direncanakan pada 1-3 November 2022. Rencananya, Blibli akan tercatat di Papan Perdagangan Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) menggunakan kode saham “BELI”.

Blibli disokong dengan infrastruktur logistik andal lewat jaringan pergudangan dan layanan pengiriman yang dikelola secara mandiri, ditambah lebih dari 21 mitra logistik pihak ketiga. Dengan kekuatan rantai pasok dari hulu ke hilir yang dimilikinya, Blibli memelopori pengiriman cepat sampai lewat fitur dua jam sampai (2 Hours-Delivery) yang telah tersedia di 34 kota di penjuru Tanah Air.

CEO tiket.com, George Hendrata mengatakan sebagai pionir Online Travel Agent (OTA) di Indonesia, tiket.com mengukuhkan kepemimpinnya di segmen travel dan lifestyle yang membawa nilai tambah bagi ekosistem. “Travel dan lifestyle adalah bagian tak terpisahkan dari masyarakat Indonesia. Lewat ekosistem terpadu ini, kami percaya dapat semakin memenuhi kebutuhanpelanggan saat mereka sibuk dengan kesehariannya," ucap George.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Rute Bus Trans Jogja, Cek di Sini, Jangan Salah Pilih

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement