Advertisement

Untuk Genjot Investor, Agenda Pasar Modal Perlu Terus Diperbanyak

Abdul Hamied Razak
Minggu, 23 Oktober 2022 - 21:37 WIB
Arief Junianto
Untuk Genjot Investor, Agenda Pasar Modal Perlu Terus Diperbanyak Ilustrasi pasar modal. - Bisnis Indonesia/Dedi Gunawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Untuk menumbuhkan optimisme bagi pelaku pasar modal, gelaran kegiatan seperti Capital Market Summit & Expo (CMSE) 2022 perlu terus digelar. Salah satu tujuannya agar pasar modal mampu menjangkau seluruh investor dan masyarakat luas di Indonesia.

Kepala Kantor PT Bursa Efek Indonesia Perwakilan Yogyakarta, Irfan Noor Riza mengapresiasi capaian atas penyelenggaraan CMSE 2022 yang digelar beberapa waktu lalu. Irfan menyebutkan terdapat dua faktor yang mendukung peningkatan kinerja pasar modal Indonesia saat ini.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Pertama adalah peningkatan jumlah investor lokal, terutama investor muda dan kedua, aksi Go Public atau penawaran umum saham perdana yang dilakukan perusahaan-perusahaan dari berbagai sektor termasuk perusahaan-perusahaan rintisan.

“Berbagai indikator pasar yang bergerak positif tersebut khususnya pertumbuhan investor di pasar modal Indonesia saat ini cukup memberikan optimisme atas pertumbuhan pasar modal Indonesia di Tahun 2022. Ditambah lagi, yang kedua adalah adanya sentimen positif atas rencana masuknya beberapa perusahaan terkemuka di Indonesia,” ujar Irfan, Sabtu (22/10/2022).

BACA JUGA: Sri Mulyani Sebut Prospek Ekonomi Global Gelap dan Makin Pekat

Kedua hal tersebut mampu membuat pasar modal tetap kuat serta akan menarik lebih banyak jumlah investor untuk terus meningkatkan kinerja pasar modal.

Melalui penyelenggaraan CMSE diharapkan dapat lebih mendorong peningkatan jumlah investor lokal dan aksi Go Public dari perusahaan-perusahaan yang melakukan penawaran umum saham perdana sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia sebagai upaya mengakselerasi penguatan ekonomi nasional.

Sebelumnya, Direktur Utama BEI Iman Rachman mengatakan pencapaian dan kinerja pasar modal Indonesia yang membanggakan tidak terlepas dari dukungan seluruh pemangku kepentingan. Iman berharap pasar modal Indonesia dapat terus memberikan kinerja yang baik, sehingga dapat mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Advertisement

"Kami juga berharap rangkaian CMSE 2022 dapat membantu masyarakat untuk melihat bahwa investasi pasar modal terbuka untuk semua orang dan setiap pelakunya memiliki peran masing-masing dalam mendorong ekonomi keberlanjutan," kata Iman.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Tiga Bansos di Gunungkidul Cair Bersamaan untuk Puluhan Ribu Orang

Gunungkidul
| Kamis, 01 Desember 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Punya 100 Gerbong, Kereta Api Ini Mampu Meliuk di Pegunungan Alpen

Wisata
| Kamis, 01 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement