Advertisement

Pentingnya Penguasaan Bahasa Inggris untuk Pencari Kerja

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 18 November 2022 - 05:47 WIB
Lajeng Padmaratri
Pentingnya Penguasaan Bahasa Inggris untuk Pencari Kerja Ilustrasi kerja sama - Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Rupanya, masyarakat Indonesia mengalami perkembangan kemampuan bahasa Inggris lebih tinggi ketika memasuki dunia kerja dibandingkan saat duduk di bangku sekolah.

Laporan English First (EF) mengungkapkan bahwa masyarakat Indonesia berusia 18-20 tahun memiliki tingkat kecakapan yang jauh lebih rendah dari pada kelompok 26-30 tahun di Indonesia. Head of Academic Affairs EF, David Bish menerangkan bahwa Indonesia memiliki kondisi generation gap yang unik dibandingkan negara lain di Asia.

Advertisement

"Masyarakat 18-20 tahun memiliki tingkat kecakapan yang jauh lebih rendah dari pada kelompok 26-30 tahun. Ini menunjukan bahwa perkembangan kemampuan bahasa Inggris tidak terjadi di bangku sekolah, melainkan saat memasuki dunia kerja.” tambah David Bish melalui keterangan tertulis yang diterima Harianjogja.com, Kamis (17/11/2022).

Hal itu diungkapkan oleh EF Education First melalui Laporan Indeks Kecakapan Bahasa Inggris atau EPI (English Proficiency Index) 2022. Lembaga ini menilai penguasaan bahasa Inggris sangat penting untuk meningkatkan daya saing tenaga kerja.

EF juga mengungkapkan bahwa terkait laporan tersebut Singapura masih menempati urutan teratas di Asia, sementara Indonesia menempati urutan ke-15 dari 24 negara. Indonesia memiliki skor 469 dari 800 atau bertambah 3 poin dari tahun lalu yaitu 466.

Skor Indonesia berada di urutan menengah atau setara dengan tingkat B1 dalam Common European Framework for Reference. Masih sama seperti tahun lalu, skor tersebut berada di bawah rata-rata skor regional Asia atau 500.  

HR Specialist dan Content Creator, Junar Asunyi menambahkan bahwa perusahaan tidak hanya memperhatikan kemampuan fundamental dari job seeker, tetapi juga kemampuan komunikasi mereka. Kemampuan komunikasi yang diharapkan tidak dibatasi oleh kendala bahasa, sehingga kecakapan berbahasa Inggris menjadi prioritas. Untuk itu, masyarakat usia produktif harus membiasakan diri untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris profesional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal KRL Solo-Jogja, Berangkat dari Palur Rabu 24 April 2024

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 01:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement