Advertisement

Tips Terhindar dari Kasus Pembobolan ATM

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 26 Januari 2023 - 04:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tips Terhindar dari Kasus Pembobolan ATM Ilustrasi pengunjung melintas didepan mesin anjungan tunai mandiri (ATM). - Bisnis Indonesia/Endang Muchtar

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Belakangan publik digemparkan dengan pemberitaan kasus pembobolan rekening nasabah Bank Central Asia (BCA) di Surabaya yang sampai menelan Rp320 juta.

Korban pencurian tabungan tersebut atas nama Muin Zachry Surabaya dan kini sudah masuk persidangan di Pengadilan Negeri Surabaya. Kasus ini menghadirkan terdakwa dua orang, Muhammad Thoha dan Setu yang merupakan seorang tukang becak. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kasus pembobolan rekening nasabah bukan kali pertama terjadi. Kejadian seperti ini terus menjadi ancaman bagi para pemilik tabungan.

Untuk terhindar dari kasus pembobolan ATM, berikut ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memaparkan cara-cara untuk menjaga keamaan rekening: 

Baca juga: Kayuh Becak! Ini Kronologi Lengkap Pembobolan Rekening Nasabah BCA di Surabaya

1. Aktifkan fitur notifikasi SMS transaksi

Salah satu tips terhindar pembobolan rekening adalah aktifkan fitur notifikasi SMS transaksi. Fitur ini akan membantu Anda dengan mengirimkan SMS pemberitahuan ke nomor telepon Anda ketika ada transaksi baik dana masuk atau keluar.

2. Cek histori rekening atau saldo secara berkala

Saat ini, Anda bisa sangat mudah untuk mengecek histori rekening dan saldo melalui aplikasi mobile banking atau Internet banking yang Anda miliki.

3. Aktifkan fitur verifikasi dua langkah

Amankan perangkat seluler Anda dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah seperti menggunakan pindai sidik jari atau wajah.

4. Hindari menggunakan wifi publik

Untuk melakukan transaksi perbankan Anda disarankan menggunakan jaringan internet pribadi dan menghindari menggunakan WiFi Publik.

5. Jaga data pribadi

Jangan pernah memberikan User ID, kode OTP, PIN rekening atau nama Ibu Kandung ke siapapun, termasuk pihak bank dan udah password secara berkala.

6. Berhati-hati saat menggunakan ATM

Untuk menghindari terjadinya skimming, pastikan tidak ada benda mencurigakan seperti tempelan alat lain di sekitar ATM. Selalu mawas diri terhadap di sekitar ATM yang menawarkan bantuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Puluhan Juta Dianggarkan Kelurahan Gedongkiwo untuk Tangani Sampah

Jogja
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Ini Nih... Wisata di Solo yang Instagramable, Ada yang di Dalam Pasar!

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement