Advertisement

Agen Perjalanan Online Dilibatkan Layani Transportasi Darat Delegasi ATF 2023

Abdul Hamied Razak
Minggu, 05 Februari 2023 - 01:17 WIB
Sunartono
Agen Perjalanan Online Dilibatkan Layani Transportasi Darat Delegasi ATF 2023 Foto ilustrasi layanan tranportasi online. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 secara resmi telah dibuka oleh Wakil Presiden Maruf Amin di Candi Prambanan, Jumat (3/2/2023) malam. ATF 2023 diharapkan menjadi salah satu kebangkitan ekonomi Indonesia lewat kolaborasi dari berbagai pihak termasuk online tavel agent (OTA) atau agen perjalanan online.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan Kemenparekraf saat ini telah menggunakan strategi khusus untuk mendorong tercapainya pemulihan pariwisata nasional, yakni dengan formula 3G (Gercep, Geber Gaspol).

Advertisement

Pertama, Gerak Cepat (Gercep) untuk mengejar ketertinggalan yang telah dialami industry selama pandemic. Kedua yaitu Gerak Bersama (Geber) dengan merangkul semua pihak yang terlibat. Ketiga adalah Garap Semua Potensi Untuk Lapangan Usaha (Gaspol) dengan memaksimalkan semua kesempatan di lapangan yang harus digarap.

BACA JUGA : Delegasi ATF Mulai Berdatangan ke Jogja

“Kami optimis bahwa diversifikasi sektor yang dilakukan dalam pengembangan industri pariwisata di Indonesia tidak hanya membuka kesempatan lapangan pekerjaan, namun juga memberikan aspek nilai tambah di dalamnya. Selain itu, Kemenparekraf akan fokus terhadap tiga agenda prioritas; recovery & rebuilding, digital transformation, dan sustainability,” kata Sandi dalam rilisnya.

Kolaborasi terus digenjot pemerintah guna mencapai target-target yang sudah dicanangkan. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sudah membuka banyak pintu kolaborasi seperti salah satunya program Co-Branding untuk mempromosikan produk lokal dan meningkatkan pariwisata Indonesia. Selain itu, Kemenparekraf juga berkolaborasi dengan OTA Indonesia, salah satunya tiket.com. Keterlibatan pihak swasta turut memberikan dukungan yang lebih besar lagi kepada program-program pariwisata pemerintah.

“Sebagai pionir OTA di Indonesia dan mitra strategis dari Kemenparekraf, kami selalu membuka pintu dan berinisiatif untuk bekerja sama dengan berbagai pihak, terutama bersama Kemenparekraf. Tahun 2023 ini, kami kembali membawa semangat kolaborasi tersebut melalui ATF 2023. Acara ini diharapkan menjadi ajang untuk memberikan akselerasi kemajuan pariwisata Indonesia untuk menggaet lebih banyak lagi wisatawan asing ke Indonesia.” Ujar Co-Founder dan Chief Marketing Officer (CMO) tiket.com, Gaery Undarsa.

BACA JUGA : YIA Berikan Ruang Transit Khusus Para Delegasi ATF

Pada acara yang dihadiri lebih dari 15 negara dan organisasi internasional ini, OTA menjadi Official Ground Transportation Partner selama acara berlangsung untuk mengakomodasi transportasi darat para tamu menteri dan delegasi dari ATF. Dukungan ini merupakan bentuk nyata dari komitmen OTA untuk terus mendukung berbagai kegiatan pemerintah yang mampu mendongkrak kemajuan pariwisata Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dugaan Keracunan Makanan di Gunungkidul: Satu Orang Meninggal Dunia, Empat Masih Dirawat

Gunungkidul
| Minggu, 26 Mei 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement