Advertisement

BI DIY Sebut Kebutuhan Uang Tunai saat Lebaran Tahun Ini Capai Rp5,4 Triliun

Anisatul Umah
Minggu, 09 April 2023 - 20:27 WIB
Arief Junianto
BI DIY Sebut Kebutuhan Uang Tunai saat Lebaran Tahun Ini Capai Rp5,4 Triliun Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan DIY menyiapkan uang kartal sebesar Rp54 triliun untuk mengantisipasi kebutuhan saat libur Lebaran. Jumlah itu naik 23% dibandingkan dengan tahun lalu.

Kepala BI DIY, Budiharto Setyawan mengatakan untuk antisipasi lonjakan kebutuhan uang tunai saat mudik lebaran akan dipastikan ketersediaan uang tunai di ATM.

Advertisement

"Dari sisi kebutuhan uang tunai, BI DIY mengestimasikan kebutuhan uang tunai akan meningkat 23 persen [year on year/yoy] atau sekitar Rp5,4 triliun dibandingkan tahun lalu," ucapnya, Minggu (9/4/2023).

Selain transaksi tunai, transaksi non tunai juga diperkirakan melonjak. Selama bulan ramadan dan lebaran terjadi kenaikan transaksi sebesar 30%-40% (quartal to quartal/qtq) dari bulan sebelumnya. "Masyarakat juga bisa memanfaatkan sarana transaksi secara non tunai QRIS, BI-FAST, kartu kredit, E-Money dan lainnya," ungkapnya

BACA JUGA: 

Meningkatnya belanja masyarakat selama ramadan dan Idul Fitri, akan mendorong pertumbuhan ekonomi DIY. BI DIY memproyeksikan pertumbuhan ekonomi triwulan II 2023 akan tumbuh di kisaran  4,8%-5,6% (yoy).

Proyeksi pertumbuhan ekonomi kuartal II dipengaruhi oleh aktivitas mudik, puasa, dan lebaran.Permintaan barang dan jasa tidak hanya berasal dari penduduk DIY, namun juga pemudik dan wisatawan yang berkunjung ke DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Jaringan Listrik di Kota Jogja Hari Ini, Cek Lokasi Terdampak di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement