Advertisement

Ini Upaya BI Tekan Inflasi Jelang Lebaran

Anisatul Umah
Rabu, 19 April 2023 - 20:57 WIB
Maya Herawati
Ini Upaya BI Tekan Inflasi Jelang Lebaran Ilustrasi inflasi - ekonomi / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan DIY memproyeksikan inflasi akan naik dampak dari Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN). Kepala Kantor Perwakilan BI DIY, Budiharto Setyawan mengatakan inflasi yang terjadi di momen Lebaran merupakan siklus yang biasa terjadi.

"Memang inflasi di DIY secara siklus menjelang HBKN ramadan dan Idul Fitri. Maupun menjelang Nataru inflasi meningkat," ucapnya belum lama ini.

Advertisement

Sesuai dengan arahan Gubernur DIY, kata Budiharto, jika tidak semua bisa ditangani maka fokus saja pada komoditas yang bisa ditangani. Selain itu, Presiden juga menyampaikan agar harga beras bisa stabil.

BACA JUGA: Sambut Libur Lebaran, Pengelola Wisata Candi Prambanan Siapkan Ini

"Bulog menyampaikan beras bantuan sosial dalam tiga bulan ini. Maret, April, Mei. Setiap penerima bantuan akan mendapatkan 10 kg per bulan," ucapnya.

Melalui bantuan sosial ini diharapkan bisa menekan inflasi. Pun masih mungkin terjadi, namun tidak terlalu tinggi. "Harapannya inflasi di periode HBKN walau kemungkinan naik tapi enggak terlalu tinggi."

Dia menyampaikan inflasi tahunan DIY di Maret 2023 berada di posisi 6,11 persen year on year (yoy). Melandai dari Februari 2023 6,28 persen yoy. Sementara inflasi secara month to month (mtm) meningkat. Maret 2023 naik 0,27% mtm pada Februari 2023 menjadi 0,60 persen mtm. Inflasi di DIY disumbang beberapa komoditas seperti beras, angkutan udara, dan telur ayam ras.

Sementara itu, Vice President Bank Mandiri Area Yogyakarta, Evi Martiani menyampaikan inflasi bisa ditekan melalui transaksi nontunai. Sebab melalui nontunai transaksi dengan nominal sekecil apapun bisa dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja Solo, KRL Solo Jogja dan Prameks Ditambah selama Libur Iduladha 2024

Jogja
| Jum'at, 14 Juni 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Wisata
| Minggu, 09 Juni 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement