Advertisement

Tandatangani Kerja Sama Apex, BPD DIY Gandeng 15 BPR/BPRS DIY

Media Digital
Selasa, 09 Mei 2023 - 20:17 WIB
Anisatul Umah
Tandatangani Kerja Sama Apex, BPD DIY Gandeng 15 BPR/BPRS DIY BPD DIY menandatangani kerja sama Apex dengan 15 BPR/BPRS DIY di Kantor Pusat BPD DIY, Selasa (9/5/2023). - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

JOGJA—Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY meneken kerja sama Apex dengan 15 Bank Perkreditan Rakyat dan Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPR/BPRS) DIY di Kantor Pusat BPD DIY, Selasa (9/5/2023).

Sebelumnya, kerja sama Apex sudah dilakukan BPD DIY dengan 10 BPR/BPRS lainnya.

Advertisement

Direktur Pemasaran Bank BPD DIY, Agus Tri Murjianto mengatakan dari 25 yang sudah bekerja sama 24 adalah BPR dan satu lainnya BPRS.

Kerja sama Apex merupakan konsep kemitraan antara BPR dengan bank umum maupun BPR. Agus menjelaskan, konsep generik Apex sejatinya ada tiga, yakni pooling of funds, technical assistance, dan terkait dengan bantuan likuiditas.

"Kerja sama ini bagi BPD DIY adalah terkait dengan sejauh mana kami membantu BPR dalam rangka memperoleh dana yang cepat untuk memenuhi likuiditas, kami bank umum yang akan menyediakan," kata dia ditemui di Kantor Pusat BPD DIY, Selasa.

Menurutnya, BPD DIY punya beberapa hal yang bisa dimanfaatkan oleh BPR/BPRS, salah satunya terkait dengan desain teknologi.

Teknologi yang ada nantinya bisa diadopsi. BPD, kata Agus, membuka layanan kanal dengan BPR/BPRS.

Sebagai bank yang melayani pemerintah daerah (pemda), BPD juga membuka layanan bersama dengan bank umum dan beberapa teknologi finansial (tekfin).

Layanan kanal yang dibuka di BPR akan memberikan kemudahan secara operasional, yakni melayani masyarakat tanpa infrastruktur dan investasi yang banyak.

Perluas Kerja Sama

Setelah kerja sama dengan 25 BPR/BPRS, imbuh Tri, ke depan akan didorong lebih banyak lagi BPR/BPRS yang akan digandeng terkait dengan skema kerja sama Apex tersebut.

“Di DIY ada 48 BPR dan enam BPRS. Kerja sama akan terus dilakukan demi kemajuan bersama. Kami insyaallah, semua bisa kami lakukan kerja sama," lanjutnya.

Ketua Perbarindo DIY, Wulfram Margono mengatakan Apex ini adalah pintu gerbang kerja sama BPR/BPRS dengan BPD DIY. Teknologi dari BPD akan diserap dan dikembangkan secara eksternal bersama dengan BPR/BPRS DIY. "Supaya menjalin kerja sama ada fee based income,” kata Direktur Utama BPR Sinta Putra Pengasih ini.

Dia mengatakan, kerja sama serupa akan segera dilakukan lagi dengan BPR/BPRS lainnya. Dia berharap akan semakin banyak masyarakat yang minat ke BPR/BPRS. Terlebih setelah adanya RUU tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (RUU P2SK), BPR kini menjadi Bank Perekonomian Rakyat.

“Sehingga BPR/BPRS tidak hanya untuk kredit, tetapi juga menabung. Kami memilih BPD DIY karena kami sudah berkomitmen bahwa di Jogja itu ya BPR dan BPD DIY, yang di Jogja saling kerjasama," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Proyek ITF Bawuran Bakal Terima Investasi Rp17 Miliar, Sekda Bantul: Bukan Dana Pinjam

Bantul
| Rabu, 24 Juli 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

7 Lokasi Geopark Jogja di Wilayah Sleman, Rasakan Keindahannya

Wisata
| Selasa, 23 Juli 2024, 08:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement